Inilah Faktor Penyebab Anak Susah Makan

Penyebab anak susah makan memang penting untuk diketahui oleh setiap orangtua. Hal ini karena nafsu makan yang terganggu pada anak sangat beresiko terhadap tumbuh kembangnya. Pada usia pertumbuhan, seorang anak membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak. Nah, jika asupan makanan sedikit maka tentunya akan membuat pasokan nutrisi sangat minim.

Penurunan nafsu makan tentunya pernah dialami oleh semua anak. Biasanya nafsu makan anak berkurang pada usia balita ketika mereka mulai mengenal lingkungan baru dan teman baru. Dalam hal ini biasanya si kecil cenderung lebih asik bermain sehingga melupakan waktu makan. Selain itu, karakter anak yang pemilih makanan juga menjadi penyebab susah makan. Dalam hal ini Anda harus bersabar dan jangan merasa panik.

Nafsu makan anak yang menurun memang hal yang wajar, namun kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja sebab bisa berdampak buruk terhadap kesehatan anak pada masa tumbuh kembang. Peran seorang ibu atau ayah sangat diperlukan untuk mencari solusi supaya nafsu makan si kecil kembali normal sebagaimana mestinya.

Nah, Inilah beberapa Faktor Penyebab Anak Susah Makan

  1. Mengenal Ragam Rasa Makanan

Pada usia balita, si kecil memang cenderung memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dalam segala hal. Salah satunya yaitu dalam mengenali ragam rasa makanan. Si kecil mulai mengecap citarasa dan cenderung menyukai salah satu rasa makanan yang dinilainya enak. Nah, hal inilah yang akan membuat anak susah makan ketika makanan yang Anda sajikan tidak sesuai dengan selera rasa yang disukainya.

  1. Kenyang Dengan Cemilan

Penyebab selanjutnya yaitu kebiasaan banyak ngemil. Ragam rasa dan bentuk dari cemilan memang sangat bervariasi sehingga membuat anak lebih tertarik untuk mengkonsumsinya dibandingkan dengan makanan yang Anda sajikan. Supaya nafsu makan si kecil kembali normal maka sebisa mungkin Anda harus mengontrol cemilan untuk si kecil dan fokuskan dengan makanan utama yang mengandung banyak nutrisi.

  1. Porsi Terlalu Banyak

Tidak heran jika banyak orangtua yang menginginkan anaknya supaya gemuk. Menurut mereka anak yang gemuk lebih lucu dan menandakan sehat. Obsesi tersebut terkadang membuat orangtua memberikan makanan yang tak terkontrol pada anak. Penyajian porsi makan yang berlebihan akan membuat si kecil merasa malas untuk menyantapnya. Hal inilah yang menyebabkan nafsu makan si kecil hilang.

  1. Merasa Bosan Dengan Menu Yang Sama

Usia balita merupakan usia yang menggemaskan dan pada usia tersebut si kecil sudah mulai pilah pilih makanan yang disukainya. Jika Anda hanya memberikan menu yang sama setiap harinya maka hal ini akan mebuat si kecil merasa bosan dan cenderung membuat nafsu makannya hilang.

Supaya nafsu makan si kecil terus meningkat maka sajikan makanan yang menarik dengan menu yang bervariasi setiap harinya. Jangan memaksa akan jika tidak menyukai salah satu jenis makanan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This