Inilah Ciri-ciri Kehamilan Sehat Yang Harus Anda Ketahui

Menjaga kesehatan selama menjalani kehamilan merupakan salah satu hal yang penting. Kesehatan ibu hamil secara tidak langsung bisa mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Tidak hanya kesehatan fisik, namun kesehatan psikis yang berkaitan erat dengan kondisi pikiran juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan janin. Nah, disamping upaya tersebut ibu hamil harus mengetahui ciri ciri kehamilan sehat.

Dengan mengetahui ciri ciri kehamilan sehat maka hal ini berguna untuk memantau setiap perkembangan janin. Bahkan jika Anda bisa memastikan kondisi kehamilan sejak dini maka akan menekan resiko gangguan yang bisa membahayakan tumbuh kembang janin. Lalu apa saja ciri kehamilan sehat?

Berikut Beberapa Ciri Kehamilan Sehat

  1. Ukuran Buah Dada

Salah satu ciri kehamilan normal yaitu adanya perubahan pada kondisi payudara yang semakin membesar dan kencang. Nah, ini merupakan salah satu ciri yang menunjukan bahwa tubuh Anda sedang mempersiapkan produksi ASI.

  1. Morning Sickness

Gejala morning sickness yang ditandai mual dan muntah biasanya terjadi diawal kehamilan dan akan terhenti seiring dengan bertambahnya usia kehamilan memasuki trimester kedua. Jika tidak disertai dengan gejala yang membahayakan maka morning sickness terbilang wajar dan normal. Hal ini juga sebagai indikasi bahwa kehamilan Anda berjalan normal dan sehat.

  1. Perut Semakin Membesar

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan maka perubahan pada perut akan jelas terlihat. Perut yang membesar merupakan salah satu ciri bahwa kehamilan Anda sehat dan mengalami pertumbuhan yang normal.

  1. Tekanan Darah dan Kadar Gula

Ciri kehamilan sehat yang selanjutnya ditentukan oleh kadar gula dan tekanan darah ibu hamil. Jika peningkatan tekanan darah tidak memberikan pengaruh terhadap kesehatan ibu hamil dan janin maka hal ini dikategorikan wajar. Namun jika peningkatan tersebut terjadi secara berlebihan maka perlu diwaspadai dan segera lakukan pemerikasaan dokter.

  1. Pertumbuhan Janin

Untuk mengetahui pertumbuhan janin maka harus dilakukan tes USG. Cara ini untuk mengetahui normal atau tidaknya janin di dalam kandungan. Pada kehamilan sehat, janin akan tumbuh dan berkembang normal sesuai dengan usia kehamilan.

  1. Pergerakan Janin

Kehamilan yang sehat ditandai dengan adanya pergerakan janin yang berirama. Biasanya pergerakan janin mulai dirasakan oleh ibu hamil pada minggu ke-6 hingga minggu ke-10. Jika kehamilan Anda sudah memasuki akhir trimester pertama dan pergerakan janin melemah maka perlu diwaspadai karena bisa saja ada gangguan yang membahayakan.

Itulah secara singkat mengenai ciri ciri kehamilan sehat. Dalam menunjang tumbuh kem,bang janin di dalam kandungan sebaiknya ibu hamil memperhatikan asupan makanan yang bergizi. Disamping itu, lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin untuk memantau perkembangan di setiap tahapan usia kehamilan. Pemeriksaan juga berguna untuk mendeteksi bahaya kehamilan.

Related Posts

Share This