Mencukupi Kebutuhan Nutrisi dan Gizi Untuk Ibu Hamil Yang Vegetarian

Vegetarian merupakan istilah untuk orang yang tidak mengkonsumsi atau menghindari daging. Orang yang vegetarian biasanya hanya mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya. Vegetarian biasanya dilakukan oleh wanita yang sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan. Bahkan ada sebagian ibu hamil yang melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan supaya berat badan selama hamil tetap ideal.

Inilah Cara Untuk Mencukupi Kebutuhan Gizi Selama Hamil Bagi Wanita Yang Vegetarian

Melakukan program diet selama hamil atau vegetarian harus dilakukan dengan cara yang benar supaya tidak mengganggu keseimbangan asupan nutrisi untuk bayi. Pada waktu hamil, seorang wanita membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak untuk menjaga kesehatan tubuh dan menunjang perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Pada kesempatan ini kita akan berbagi informasi mengenai cara untuk mencukupi kebutuhan gizi untuk ibu hamil yang menjalankan program diet.

Mencukupi kebutuhan zat besi

Sumber makanan yang mengandung zat besi sangat dibutuhkan pada waktu hamil. Hal ini karena tubuh ibu hamil akan memproduksi darah lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan oksigen bagi janin. Maka dari itu, bagi ibu hamil yang vegetarian harus tetap mencukupi kebutuhan zat besi setiap harinya. Zat besi bisa diperoleh dari makanan seperti sayuran berwarna hijau tua, biji-bijian, kacang-kacangan, tomat dan buah-buahan yang mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan zat besi.

Mencukupi kebutuhan vitamin B12

Vitamin B12 lebih banyak terdapat pada daging. Bagi wanita yang vegetarian sangat sulit untuk menemukan makanan pengganti selain daging yang mengandung vitamin tersebut. Vitamin B sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mendukung pertumbuhan bayi dan mencegah terjadinya kelainan atau gangguan tulang belakang pada bayi. Mengkonsumsi susu kedelai atau sereal akan mencukupi kebutuhan gizi vegetarian saat hamil. Akan tetapi alangkah lebih baiknya apabila Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Mencukupi kebutuhan kalsium

Bagi Anda yang vegetarian dan menghindari konsumsi susu sapi, sebaiknya diganti dengan susu kedelai. Selain itu Anda juga bisa mengkonsumsi tahu dan sawi. Kalsium sangat dibutuhkan selama hamil untuk membantu perkembangan tulang bayi. Selain itu, vitamin D juga dibutuhkan oleh ibu hamil untuk membantu proses penyerapan kalsium ke dalam tulang. Vitamin D bisa diperoleh dari sinar matahari ataupun makanan olahan susu seperti yoghurt.

Mencukupi kebutuhan lemak

Lemak dibutuhkan untuk pertumbuhan bayi di dalam kandungan. Lemak yang dimaksud di sini adalah lemak baik. Sumber makanan yang banyak mengandung lemak adalah daging. Bagi vegetarian untuk mencukupi kebutuhan asupan lemak bisa mengkonsumsi buah alpukat, kacang-kacangan, tahu dan minyak gandum.

Mencukupi kebutuhan yodium

Yodium dibutuhkan oleh ibu hamil untuk mencegah terjadinya kelainan mental pada janin dan pembengkakan kelenjar tiroid. Bagi ibu hamil sebaiknya mencukupi kebutuhan yodium dengan mengkonsumsi garam yodium, kecap ataupun susu kedelai.

Mengkonsumsi makanan yang bervariasi

Bagi ibu hamil vegetarian harus mengkonsumsi makanan yang bervariasi dan mengandung semua jenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menunjang perkembangan janin di dalam kandungan. Selain itu, usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang diolah sendiri supaya kesehatannya terjamin. Hindari mengkonsumsi makanan cepat saji karena tidak akan mencukupi gizi dan nutrisi ibu hamil yang  vegetarian.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517