Inilah Cara Menjaga Kesehatan Usus Besar Secara Alami

Menjaga kesehatan usus besar merupakan salah satu hal yang sangat penting. Hal ini mengingat usus besar adalah bagian dari sistem pencernaan yang bertanggung jawab dalam mengekstraksi garam, air dan berbagai nutrisi yang berasal dari makanan yang dicerna. Tugas usus besar adalah mengolah makanan yang tidak bisa dicerna oleh usus halus.

Akan tetapi jika kesehatan usus besar terganggu maka hal ini akan menyerap racun bukan menghilangkan racun. Nah, kondisi tersebut yang akan memicu timbulnya berbagai penyakit pada sistem pencernaan seperti sembelit, kembung dan bahkan penyakit kronis.

Masalah pada sistem pencernaan memang berawal dari makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Pemilihan makanan dan pola makan adalah salah satu kunci sukses untuk pencernaan yang sehat. Makanan-makanan yang mengandung pengawet, zat adiktif dan bahan kimia akan menyebabkan penumpukan lendir di usus sehingga pada akhirnya timbul penyakit pencernaan.

Maka dari itu, sudah selayaknya kita menjada kesehatan sistem pencernaan terutama usus besar dengan konsumsi makanan sehat dan alami. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan usus besar? Berikut ini metode membersihkan usus besar secara alami.

Bahan Alami Sebagai Pembersih Usus Besar

Jus Apel

Salah satu bahan alami pembersih usus besar yaitu mengkonsumsi jus apel. Hal ini akrena jus apel termasuk salah satu minuman terbaik untuk membersihkan usus dari racun dan zat sisa yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi jus apel secara rutin maka akan mendorong gerakan usus untuk membuang racun dan meningkatkan kesehatan hati. Buatlah jus apel dengan pengolahan sendiri tanpa menambahkan banyak gula.

Air Putih

Segelas air putih memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Air putih bisamenjadi pembersih yang efekstif untuk usus besar. Oleh karena itu biasakan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari untuk melumasi dan membersihkan usus.

Dengan minum air putih juga berguna untuk mendorong gerak peristaltic usus secara alami untuk mencerna makanan menjadi lebih baik. Biasakan mulai saat ini untuk mengutamakan air putih dibandingkan dengan minuman lainnya.

Jus Lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan antioksidan. Dengan mengkonsumsi air lemon maka bermanfaat untuk membersihkan usus besar dari racun yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

Makanan Kaya Serat

Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat adalah salah satu cara terbaik untuk membersihkan usus besar. Konsumsilah makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran secara rutin setiap hari maka Anda akan terhindar dari resiko gangguan pencernaan pada usus besar.

Yoghurt

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika minuman yang satu ini kaya akan kandungan nutrisi dan bakteri baik untuk kesehatan pencernaan. Konsumsi yoghurt secara rutin setiap hari sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan saluran cerna yaitu usus besar.

Lidah Buaya

Lidah buaya terkenal dengan kemampuan detoksifikasinya dan bisa berfungsi sebagai pencahar. Dengan begitu maka lidah buaya sangat efektif apabila digunakan untuk membersihkan usus besardan menjaga kesehatan saluran cerna. Lidah buaya bisa diolah menjadi jus yang segar.

Jus Sayuran Hijau

Makanan berserat seperti sayuran memang kaya akan manfaat untuk kesehatan pencernaan. Jus sayuran hijau adalah salah satu alternatif yang bisa Anda konsumsi dalam upaya menjaga kesehatan pencernaan.

Demikian beberapa jenis bahan alami yang efektif untuk membersihkan usus besar dari racun yang bisa mengganggu pencernaan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517