Inilah Cara Mengatasi Kepala Pusing Saat Hamil Muda

Keluhan yang paling umum dirasakan pada usia kehamilan tahap awal yaitu pusing, mual dan muntah. Kondisi tersebut wajar dan normal terjadi pada ibu hamil. Namun meskipun begitu, kondisi tersebut tentunya mengganggu kenyamanan ibu hamil dalam beraktifitas. Diperlukan penanganan yang tepat untuk mengatasi kepala pusing saat hamil.

Sering pusing saat hamil secara umum diakibatkan oleh pengaruh hormone kehamilan. Dalam hal ini ibu hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter karena justru akan berdampak buruk terhadap perkembangan janin.

Meskipun akan hilang dengan sendirinya, namun pusing saat hamil sebaiknya segera ditangani karena hal ini bisa berdampak terhadap nafsu makan ibu hamil. Secara otomatis hal ini akan berdampak terhadap asupan nutrisi untuk janin. Lalu apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi pusing saat hamil? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut!

  • Kompres

Salah satu cara mengatasi pusing saat hamil yaitu dengan mengompres menggunakan air dingin. Tambahkan sedikit aromaterapi kedalam air kompresan tersebut untuk menambah aroma yang bisa melegakan pusing. Kompres menggunakan air dingin dinilai lebih efektif daripada menggunakan air hangat.

  • Hindari pemicunya

Cara yang paling mudah untuk mengatasi pusing saat hamil yaitu dengan menghindari faktor pemicunya. Anda sebaiknya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan, MSG, makanan dengan aroma menyengat dan makanan yang mengandung nitrat atau nitrit.

  • Hindari aktivitas yang bisa menyebabkan kelelahan

Ibu hamil tidak disarankan untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat karena bisa berdampak terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Nah, bagi Anda yang mempunyai keluhan pusing saat hamil sebaiknya menghindari aktivitas terlalu berat karena hal tersebut menjadi pemicu dan memperperah kondisi kesehatan Anda.

  • Jangan membiarkan perut kosong

Perut dalam keadaan kosong atau lapar bisa memicu pusing saat hamil. Namun biasanya pada awal kehamilan nafsu makan menurun akibat gejala mual dan muntah. Nah, untuk menyiasati hal tersebut, konsumsilah makanan dalam porsi kecil namun sering. Dengan begitu maka sangat berguna untuk mengatasi pusing dan mual di awal kehamilan.

  • Gerakan relaksasi

Untuk mengatasi pusing saat hamil cobalah untuk mengikuti kelas yoga atau latihan meditasi. Gerakan relaksasi terbukti mampu mengatasi keluhan pada awal kehamilan, terutama pusing. Lakukan klatihan tersebut secara rutin dan jangan terlalu kelelahan.

  • Mandi air dingin

Bagi Anda yang mengalami keluhan pusing diawal kehamilan, cobalah untuk mandi menggunakan air dingin. Atau jika tidak memungkinkan, basuhlah muka menggunakan air dingin. Dengan melakukan cara seperti ini maka keluhan yang Anda rasakan secara perlahan akan mereda.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517