Inilah Cara Memotong Kuku Bayi Yang Aman

Cara memotong kuku bayi. Menjaga kebersihan semua anggota tubuh bayi merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatannya. Salah satu diantaranya yaitu menjaga kebersihan kuku si kecil untuk menghindari perkembangbiakan kuman atau bakteri. Seperti yang kita ketahui bahwa kuku sangat rentan menjadi sarang kuman dan beresiko menular pada mulut dengan kebiasaan si kecil yang suka mengemut jari.

Disamping itu, tujuan memotong kuku bayi yaitu untuk mencegah terjadinya iritasi yang menyebabkan infeksi akibat luka garukan. Memotong kuku bayi terkadang menjadi hal yang paling menegangkan bagi sebagian orangtua karena khawatir si kecil kesakitan atau terluka. Kuku bayi masih sangat lunak sehingga perlu kehati-hatian dalam memotongnya. Bahkan bayi yang aktif bergerak akan menyulitkan Anda untuk memotong bagian kuku.

Berikut Tips dan Cara Memotong Kuku Bayi Yang Aman

Gunakan Gunting Kuku Khusus

Supaya aman dan tidak mencederai bagian kuku bayi maka sebaiknya gunakan gunting kuku khusus. Dengan menggunakan alat khusus maka akan memudahkan Anda untuk melakukannya sehingga tidak akan melukai bayi. Biasanya gunting kuku khusus bayi memiliki bentuk yang melengkung sehingga lebih mudah digunakan.

Lakukan Setelah Mandi

Disarankan untuk memotong kuku bayi setelah selesai mandi. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses memotong karena setelah terkena air kuku akan menjadi lunak. Nah, dengan begitu maka kuku si kecil akan lebih mudah untuk dipotong.

Bersihkan Terlebih Dahulu

Periksa terlebih dahulu kuku bayi sebelum dipotong, apabila terdapat kotoran yang terselip maka bersihkan terlebih dahulu menggunakan cotton bud yang dibasahi air. Hal ini bertujuan untuk memudahkan proses pemotongan sehingga nantinya Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk membersihkan.

Gunting Kuku Satu Per Satu

Dalam memotong kuku bayi dibutuhkan kesabaran dan kehati-hatian. Lakukan pelan-pelan dengan memotong satu per satu. Jangan menjajarkan kelima jarinya secara langsung karena akan mengganggu fokus Anda dalam memegang tangan bayi. Jangan terlalu pendek dalam memotong kuku si kecil karena bisa melukai dan berdarah.

Perhatikan Pencahayaan

Ukuran kuku bayi yang sangat kecil mungkin akan menyulitkan Anda untuk memotongnya. Maka dari itu, usahakan untuk memotong kuku bayi ditempat yang terang dengan pencahayaan cukup supaya lebih mudah dan tidak akan melukai.

Gunting Kuku Dua Kali Dalam Seminggu

Memotong kuku bayi sebaiknya Anda lakukan dua kali dalam seminggu. Jangan menunggu terlalu paanjang karena akan menyulitkan Anda untuk memotongnya. Bahkan kuku yang panjang bisa melukai bayi.

Menghaluskan Kuku Bayi

Apabila sudah selesai memotong kuku si kecil maka haluskan bagian ujungnya dengan pelan-pelan. Hal ini bertujuan supaya menjadi halus dan sisa memotong tidak akan melukai.

Nah, itulah cara untuk memotong kuku bayi yang aman. Jangan panik ketika memotong kuku si kecil karena bisa membuatnya terluka. Lakukan secara pelan dan hati-hati. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517