Inilah Beberapa Penyebab Rambut Bercabang Yang Harus Anda Ketahui!

Memiliki rambut sehat, berkilau dan tebal adalah dambaan setiap orang, terutama wanita. Rambut menjadi mahkota yang penting bagi seorang wanita. Menjaga kesehatan rambut utamanya sangat penting untuk dilakukan. Cara sederhananya yaitu dengan memperhatikan perawatan dan asupan nutrisi. Bagaimanapun makanan yang kita konsumsi akan mempengaruhi kesehatan rambut. Salah satu masalah yang sering terjadi yaitu rambut bercabang. Terkadang masih banyak yang keliru dan belum mengetahui penyebab rambut bercabang.

Ujung rambut yang bercabang bisa disebabkan oleh banyak hal seperti perawatan yang salah ataupun kekurangan nutrisi. Kondisi rambut yang bercabang tentunya akan mengganggu penampilan dan rambut terkesan tidak sehat. Sebelum Anda melakukan penanganan, alangkah lebih baiknya jika mengetahui terlebih dahulu penyebab rambut bercabang.

Berikut Beberapa Hal Yang Menyebabkan Rambut Bercabang

Kekurangan Nutrisi

Seperti halnya bagian tubuh yang lain, rambut juga membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang untuk menunjang pertumbuhannya. Jika asupan nutrisi terbatas maka akan terjadi beberapa kerusakan pada rambut seperti kerontokan, kusam dan rambut tipis. Maka dari itu penuhi semua kebutuhan nutrisi rambut dengan mengkonsumsi makanan sehat seperti ikan, telur, kiwi, jeruk, bayam, brokoli dan susu.

Bahan Kimia

Perawatan rambut yang tidak tepat seperti pewarnaan bisa menjadi salah satu pemicu kerusakan/rambut bercabang. Nah, maka dari itu jika Anda ingin menghindari rambut bercabang maka jauhi pula perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia. Hindari obat-obatan untuk rambut, lebih baik Anda menggunakan bahan alami yang dinilai lebih aman untuk merawat rambut.

Sinar Ultraviolet

Seringnya terkena paparan sinar ultraviolet memicu kerusakan rambut yang lebih parah, terutama rambut bercabang. Maka dari itu sebisa mungkin ketika Anda beraktivitas diluar rumah, gunakan penutup kepala sehingga sinar matahari tidak langsung mengenai kepala Anda.

Terlalu Panjang

Memiliki rambut panjang terlihat lebih indah, namun jika perawatannnya tidak tepat sangat beresiko rambut bercabang. Rambut panjang dan berusia lebih lama harus diberikan perawatan yang tepat sehingga tidak akan iterjadi masalah yang serius.

Mencatok Rambut

Mencatok rambut kini sudah menjadi kebiasaan banyak wanita. Bahkan hal ini dianggap sebagai solusi untuk merapihkan rambut yag acak-acakan. Kebiasaan mencatok rambut yang terlalu sering akan membuat rambut Anda lebih bercabang. Lama kelamaan kebiasaan ini akan membuat rambut lebih mudah rapuh.

Untuk mencegah rambut bercabang hendaknya Anda menghindari perawatan rambut dengan cara mewarnai menggunakan bahan kimia berbahaya. Selain itu, biasakan untuk memotong rambut secara rutin sehingga tidak terlalu panjang. Dan penting juga untuk mencukupi kebutuhan nutrisi rambut. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung vitamin serta mineral Dengan begitu maka Anda akan terhindar dari kerusakan rambut, terutama rambut rontok dan bercabang yang menyebabkan keindahan rambut berkurang.

Related Posts

Share This