Inilah Beberapa Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan

Manfaat gula aren untuk kesehatan mungkin belum banyak orang yang menyadarinya. Selama ini gula aren digunakan untuk kebutuhan memasak atau membuat kue. Jenis gula yang biasa digunakan oleh kebanyakan masyarakat ada dua macam yaitu gula putih dan gula merah atau aren.

Gula aren memang berbeda dengan gula putih. Tekstur gula aren yaitu kasar dan padat. Gula ini terbuat dari sari aren yang melalui proses pengolahan secara tradisional. Aroma gula aren memang lebih harum jika dibandingkan dengan jenis gula yang lain.

Pemanfaatan gula aren tidak berbeda jauh dengan gula pada umumnya yaitu untuk memasak atau pemanis yang sehat. Mengapa bisa dikatakan sehat? Hal ini karena gula aren rendah kalori sehingga tidak akan menyebabkan obesitas.

Lalu Apa Saja Manfaat Gula Aren Untuk Kesehatan? Berikut Simak Penjelasannya

Mencegah Penyakit Anemia

Gula aren memang bisa dikatakan gula yang sehat karena rendah kalori. Selain itu, gula aren mengandung zat besi yang bermanfaat untuk membantu meningkatkan produksi haemoglobin atau sel-sel darah merah. Dengan begitu maka bisa mencegah penyakit anemia.

Sumber Antioksidan

Tahukah Anda ternyata gula aren juga mengandung antioksidan dalam jumlah yang banyak. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan sangat bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Hal ini akan menghindarkan dari risiko penyaki8t berbahaya seperti kanker dan penyakit lainnya.

Meningkatkan Sistem Imun

Selain memiliki kandungan antioksidan, gula aren juga mengandung senyawa yang bisa membantu memperlancar sirkulasi darah. Hal ini tentunya berguna untuk memperlancar kinerja dan fungsi semua organ tubuh secara maksimal.

Bahkan jika konsumsinya secara tepat maka bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Efek positifnya tidak akan mudah sakit dan tubuh senantiasa bugar.

Mencegah Masalah Pada Pencernaan

Gula merah mengandung niacin  yang bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan sistem pencernaan. Dengan begitu maka akan senantiasa terhindar dari resiko gangguan pencernaan dan membantu menyehatkan organ-organ pencernaan.

Membantu Menstabilkan Kadar Kolesterol

Disamping untuk kesehatan pencernaan, niacin juga bermanfaat untuk menstabilkan kadar kolsterol darah. Bahkan berguna untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

Memperlancar Sirkulasi Darah

Pada umumnya banyak jenis penyakit yang dipicu oleh gangguan pada sirkulasi darah. Nah, untuk mencegah hal tersebut gula merah menjadi salah satu solusinya. Gula merah bermanfaat dalam memperlancar sirkulasi darah sehingga mencegah penyakit jantung, darah tinggi dan resiko penyakit kardiovaskuler lainnya.

Membantu Diet

Seperti yang dikatakan diawal, gula merah rendah kalori sehingga sangat cocok untuk pelaku diet menurunkan berat badan. Selain itu, aman juga untuk penderita diabetes.

Menghangatkan Tubuh

Banyaknya kandungan nutrisi dan senyawa yang bermanfaat didalam gula aren bisa membantu menghangatkan tubuh sehingga bisa terhindar dari resiko flu.

Mengobati Sariawan

Niacin memiliki banyak manfaat yaitu untuk mengobati sariawan. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan gula merah pada bagian yang terkena sariawan.

Bisa Dijadikan Sebagai Ramuan Obat

Bahkan gula aren bisa Anda gunakan untuk tambahan ramuan obat tradisional. Penambahan gula aren akan membantu khasiat dari ramuan yang Anda racik. Tentunya dengan kadar penambahan yang pas dan tidak berlebihan.

Gula aren bisa Anda konsumsi dengan cara mencampurkan ke dalam minuman seperti kopi, teh ataupun dicampurkan kedalam olahan kue. Bahkan alangkah lebih baiknya jika Anda mengganti gula putih dengan gula aren untuk memasak sehari-hari. Semoga bermanfaat. Salam sehat.

Related Posts

Share This