Inilah Beberapa Jenis Obat Rematik Alami

Obat rematik alami. Rematik merupakan salah satu jenis penyakit yang secara umum dialami oleh orang yang berusia 50 tahun keatas. Pada dasarnya rematik disebabkan oleh factor usia yang terbilang sudah tua dan juga kondisi tulang yang sudah tidak kuat lagi. Biasanya resiko rematik semakin meningkat jika memiliki kebiasaan buruk semasa muda.

Rematik dikaitkan dengan keadaan dimana selalu merasakan nyeri dan kaku pada bagian tulang otot atau gangguan pada jaringan ikat. Biasanya gejala rematik ditandai dengan rasa nyeri pada bagian otot atau sendi sehingga terasa kaku atau lemah. Bahkan pada beberapa kasus terjadi pembengkakan dibagian sendi, terjadi gangguan otak dan otot lemah.

Penyebab utama dari penyakit rematik memang belum diketahui secara pasti, namun menurut berbagai riset tim medis menunjukan bahwa rematik disebabkan oleh perubahan hormone, infeksi virus dan kerentanan genetik.

Bahkan mitos yang mungkin sering kita dengar yaitu kebiasaa mandi malam menjadi salah satu pemicu timbulnya rematik di usia lanjut. Hal ini tidak sepenuhnya benar, namun tidak bisa juga dianggap sepele. Mengapa demikian? Hal ini karena kebiasaan mandi malam akan menyebabkan penurunan kondisi tubuh atau bahkan memiu peradangan dan pembengkakan otot.

Jenis Obat Rematik Alami

  1. Jahe

Salah satu obat alami untuk mengatasi rematik yaitu menggunakan rempah jahe. Sifat anti imflamasi pada jahe bisa meminimalisir peradangan dan ppembengkakan pada otot. Selain itu, jahe bisa memperlancar sirkulasi darah sehingga menghilangkan ketegangan otot dan sendi.

Cara menggunakan jahe untuk mengobati rematik sangat mudah yaitu dengan merebus jahe menggunakan air secukupnya dan ambil air perasan jahe tersebut untuk diminum secara teratur sehingga meredakan rematik dengan perlahan.

  1. Kulit Manggis

Khasit kulit manggis memang sangat luar biasa. Diantaranya yaitu bisa mengatasi penyakit diabetes kanker dan juga rematik. Hal ini karena kulit manggis tinggi akan kandungan antioksidan yang sangat ampuh untuk menangkal radikal bebas dan menyirnakan berbagai penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan khasiat kulit manggis dalam mengatasi rematik yaitu dengan menjemur kulit manggis hingga kering, kemudian tumbuk hingga halus dan seduh dengan air panas, saring dan ambi air perasan tersebut untuk diminum.

  1. Meniran dan kumis kucing

Kedua tanaman ini sangat bermanfaat dalam mengatasi rematik. Salah satu komponen penting yang terdapat pada tanaman tersebut yaitu flavonoid yang berguna untuk mengatasi peradangan dan menurunkan asam urat.

Cara pengaplikasiannya memang sama yaitu dengan ara direbus dan air rebusan tersebut diminum secara teratur. Dengan begitu secara perlahan rematik akan hilang.

  1. Daun Seledri

Selain digunakan untuk penyedap masakan, ternyata seledri juga memiliki khasiat untuk mengatasi rematik. Dalam hal ini Anda sebaiknya menyantap seledri sebagai lalapan. Rendam seledri dalam air hangat hingga layu dan santap untuk lalapan. Selain itu, minum air rebusan seledri tersebut untuk mendapatkan khasiat secara optimal.

Demikian cara mengatasi penyakit rematik dengan ramuan alami. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This