6 Jenis Makanan Padat Yang Baik dan Bergizi Untuk Bayi

Pemberian ASI secara ekslusif untuk bayi harus dilakukan selama 6 bulan. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ASI mampu mencukupi semua kebutuhan bayi sampai usia tersebut. Memperkenalkan makanan padat untuk bayi bisa dilakukan ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan atau memasuki usia 7 bulan. Kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan bayi setelah berusia 6 bulan tidak bisa lagi tercukupi hanya dari ASI. Bayi membutuhkan nutrisi tambahan yang bisa diperoleh dari makanan selain ASI.

Inilah Beberapa Jenis Makanan Padat Yang Bergizi Untuk Bayi

Memperkenalkan makanan padat dengan benar pada bayi akan membantu mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Akan tetapi sebelum memperkenalkan makanan padat pada bayi, Anda harus mengetahui terlebih dahulu rasa dan tekstur dari makanan yang akan diberikan pada bayi. Makanan padat untuk bayi sebaiknya diberikan secara bertahap sesuai usia supaya bayi akan lebih mudah untuk beradaptasi. Selain itu, Anda harus memberikan makanan pendamping ASI dengan kandungan gizi yang seimbang. Berikut ini ada beberapa jenis makanan padat yang bergizi untuk bayi

Kentang

Salah satu jenis makanan yang bisa Anda berikan untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI yaitu kentang. Selain sebagai sumber karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan nutrisi yang melimpah seperti potassium, zat besi, protein dan vitamin A. kandungan nutrisi tersebut sesuai dengan kebutuhan nutrisi bayi pada usia pertumbuhannya.

Menyajikan kentang untuk bayi bisa dilakukan dengan cara direbus kemudian dihaluskan. Hal ini bertujuan agar bayi lebih mudah dalam menelan makanan tersebut karena pada usia ini bayi belum mempunyai kemampuan untuk mengunyah.

Buah alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah dengan tekstur daging buah yang lembut. Untuk memudahkan bayi dalam menelan sebaiknya alpukat dihaluskan terlebih dahulu menggunakan blender. Alpukat sangat efektif untuk melengkapi kebutuhan gizi bayi karena mengandung vitamin C, vitamin A, zat besi, magnesium dan niasin.

Pisang

Tekstur pisang yang lembut akan memudahkan bayi untuk melumat. Selain itu, kandungan nutrisi pada pisang juga sangat efektif untuk mendukung pertumbuhan dan perkembnagan bayi. Pisang memiliki kandungan nutrisi seperti biotin, asam folat, potassium dan selenium. Oleh karena itu pisang sangat cocok untuk makanan bayi.

Tahu

Makanan padat selanjutnya yang bisa Anda perkenalkan untuk bayi yaitu tahu. Kandungan nutrisi pada tahu yaitu kalsium, zat besi dan protein yang berasal dari kacang kedelai. Selain kandungan nutrisinya yang bagus, tahu juga memiliki tekstur yang lembut sehingga akan memudahkan bayi untuk menelan makanan tersebut.

Yoghurt

Ketika memberikan yoghurt untuk bayi sebaiknya memilih yoghurt yang tawar dan rendah gula. Untuk variasi rasa, Anda bisa menambahkan buah-buahan supaya rasa manis yang diperoleh bayi bersifat alami. Yoghurt mengandung protein, karbohidrat dan lemak yang baik untuk menunjang pertumbuhan bayi.

Sayuran

Makanan baik untuk bayi yang selanjutnya yaitu sayuran. Untuk melengkapi kebutuhan serat bagi bayi, Anda bisa menambahkan sayuran pada menu makanan bayi. Salah satu jenis sayuran yang bisa diberikan untuk bayi yaitu brokoli. Sayuran yang satu ini memiliki kandungan nutrisi seperti kalsium, serat dan folat. Brokoli bisa diberikan pada bayi dengan cara dihaluskan dan dicampur dengan makanan lembut lainnya seperti bubur bayi.

Itulah beberapa jenis makanan padat yang bisa Anda berikan untuk bayi pada waktu memperkenalkan makanan pendamping ASI. Pada waktu memberikan makanan padat, pemberian ASI harus tetap dilakukan karena makanan tersebut hanya makanan pendamping ASI bukan makanan pengganti ASI. Apabila anak sudah berusia 2 tahun maka pemberian ASI sudah bisa dihentikan krena sistem pencernaan anak sudah mulai berfungsi dengan sempurna dan bisa mencerna makanan selain ASI.

Related Posts

Share This