Inilah Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Oleh Suami Menjelang Persalinan

Momen yang paling membahagiakan sekaligus mendebarkan bagi ibu hamil yaitu ketika memasuki tahap akhir kehamilan. Buah hati yang dinanti-nanti akan segera hadir dalam pelukan. Namun pada tahap akhir kehamilan ini biasanya ibu hamil akan mengalami berbagai keluhan seperti mudah merasa lelah dan mual-mual. Walaupun keluhan yang dirasakan masih bersifat normal, namun harus segera diatasi supaya tidak mengganggu kesehatan ibu hamil menjelang persalinan.

Pada periode akhir kehamilan, peran penting suami sangat dibutuhkan untuk mempersiapkan semua kebutuhan yang diperlukan pada waktu persalinan. Suami harus siaga dalam menjaga kesehatan istri dan menyiapkan semua kebutuhan menjelang persalinan. Menjadi suami siaga harus mempunyai kesiapan yang total, baik itu dari segi fisik ataupun psikis. Persiapan psikis merupakan dukungan dan motivasi yang diberikan untuk istri. Sedangkan persiapan fisik meliputi semua kebutuhan untuk persalinan dan menjaga kesehatan istri.

Beberapa Hal Yang Harus Dilakukan Untuk Menjadi Suami Siaga

Suami siaga harus mengerti dan mempersiapkan segala kebutuhan istri menjelang dan waktu persalinan. Persiapan material yang berhubungan dengan dana adalah salah satu hal yang tidak kalah penting yang harus dipersiapkan oleh suami. Selain itu, suami siaga juga harus mengerti dan mengetahui tanda-tanda akan terjadinya proses kelahiran.

  • Suami siaga harus mengetahui tanda-tanda kelahiran

Suami harus senantiasa mendampingi istri menjelang persalinan dan mengetahui tanda-tanda menjelang persalinan. Apabila suami mengetahui tanda-tanda penting menjelang persalinan maka bisa memberikan pertolongan medis lebih cepat. Tanda-tanda umum menjelang persalinan yaitu keluar lendir yang disertai dengan darah, adanya kontraksi yang disertai dengan pecahnya air ketuban. Selain itu tanda awal yang biasa dirasakn oleh wanita yaitu rasa sakit pda bagian bawah selangkangan.

  • Memilih tempat bersalin

Jauh-jauh hari menjelang persalinan sebaiknya Anda mendiskusikan tempat yang tepat untuk persalinan. Pilihlah tempat yang mendukung kenyamanan istri sehingga proses persalinan akan berjalan lancar. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan aspek keamanan dari tempat yang akan dipilih sehingga menunjang keselamatan ibu dan bayi selama proses tersebut berlangsung.

  • Hindari keterlambatan dalam memberikan pertolongan medis

Peran penting suami yang selanjutnya yaitu mencegah terjadinya keterlambatan dalam hal penanganan medis. Suami harus senantiasa siap untuk mengatasi segala kemungkinan yang bisa terjadi secara mendadak. Suami harus mengetahui jalan terdekat  menuju rumah sakit dan menyiapkan kendaraan yang aman sehingga ketika tanda-tanda persalinan sudah ada bisa segera memberikan pertolongan pada istri.

  • Jangan lupakan kasih sayang dan motivasi

Salah satu hal yang memberikan dampak positif bagi seorang istri menjelang persalinan adalah kasih sayang dan motivasi dari suami. Anda harus senantiasa memberikan perhatian dan dukungan sehingga istri merasa lebih rileks menghadapi persalinan. Menjelang persalinan biasanya seorang wanita akan merasa tegang dan merasa takut. Oleh karena itu, Anda sebagai suami harus hadir disamping istri untuk memberikan motivasi dan membuatnya merasa tenang. Hal ini untuk mendukung proses persalinan supaya berjalan lancar dan normal.

Related Posts

Share This