Inilah Beberapa Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sepatu Bayi

Si kecil kini sudah pandai berjalan dan bergerak dengan sangat aktif. Hal ini tentunya membuat sang bunda merasa senang melihat tumbuh kembangnya yang berjalan normal dan sehat. Ketika bayi sudah mulai belajar untuk berdiri maka orangtua harus segera mempersiapkan alas kaki yang tepat untuk bayi.

Alas kaki atau sepatu berguna untuk membantu melindungi kaki si kecil dari permukaan lantai yang kasar dan benda tajam yang membahayakan kakinya. Ketika belajar berjalan biasanya bayi tidak memperhatikan langkahnya, mereka hanya terfokus ke depan sehingga kakinya beresiko menginjak benda-benda yang bisa melukai kakinya. Selain untuk melindungi kaki, sepatu juga bermanfaat untuk mengoptimalkan stabilitas kaki si kecil.

Memilih Sepatu Untuk Bayi

Berikut Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sepatu Untuk Bayi

  • Perhatikan bagian jahitan atau sol sepatu

Sebelum Anda memilih sepatu untuk si kecil, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dari sepatu tersebut. Salah satunya yaitu bagian jahitan/sol sepatu tersebut. Pada tahap awal bayi belajar bejalan hendaknya Anda memilih sepatu yang tipis dan fleksibel. Pilihlah sepatu dengan bagian sol yang lentur karena bagian sol yang kaku bisa membahayakan si kecil. Kondisi sol yang kaku bisa membuat bayi tersandung di permukaan lantai.

  • Bagian belakang sepatu

Anda bisa memastikan kalau sepatu yang dibeli muat untuk kaki si kecil dengan melihat bagian belakang sepatu. Bagian belakang sepatu harus kokoh sehingga akan membuat kaki si kecil nyaman. Untukmemastikan hal tersebut, Anda bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan cara menekan bagian belakang sepatu dengan ibu jari atau telunjuk. Apabila bagian belakang sepatu terlalu lembut maka akan longgar ketika dipake si kecil sehingga mudah terlepas.

  • Bagian atas dan samping sepatu

Bagian atas dan samping sepatu atau yang biasa disebut denga leher sepatu haruslah menekuk dengan mudah ketika bayi melangkah. Hal ini berkaitan dengan tingkat fleksibilitas dari sepatu tersebut. Hindari sepatu yang tidak bisa menekuk secar alami ketika dipakai karena bisa membuat bayi tidak nyaman.

Baca juga : Tips Jitu Memilih Sepatu Bayi yang Nyaman dan Aman Digunakan

  • Perhatikan bagian tumit

Pilihlah sepatu untuk si kecil yqang memiliki bagian tumit tipis sehingga hal ini akan meminimalisir resiko terjatuh pada si kecil ketika berjalan.

  • Bahan dasar sepatu

Anda harus labih cerdas dalam memilih bahan dasar dari sepatu tersebut sehingga akan terasa nyaman ketika dipakai oleh si kecil. Hindari bahan dasar sepatu yang menggunakan bahan sintetis karena akan membuat kaki si kecil kepanasan. Bahan seperti ini tidak bisa mengalirkan udara. Anda sebaiknya memilih bahna alami dari kanvas atau kulit sehingga aliran udara bisa menembus kaki si kecil yang berkeringat.

Memilih sepatu yang tepat merupakan salah satu langkah awal dalam mengoptimalkan kemampuan berjalan pada si kecil. Fleksibilitas sepatu akan membuat bayi lebih nyaman sehingga melindungi kaki kecil mereka dari goresan benda tajam ketika belajar berjalan. Selain itu, sepatu yang tepat dengan tingkat fleksibilitas yang memenuhi standar untuk kaki bayi sangat berguna untuk meningkatkan keseimbangan bayi.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517