Inilah Beberapa Gangguan Kesehatan Selama Puasa Yang Harus Diwaspadai

Puasa merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Perlu kita ketahui bahwa selain melaksanakan kewajiban sebagai seorang muslim, puasa di bulan Ramadhan juga ternyata menyehatkan untuk tubuh. Hal ini tidak terlepas dari pengaturan pola makan yang dilakukan saat puasa. Namun meskipun demikian kerap kali ada gangguan kesehatan yang terjadi selama menjalankan ibadah puasa.

Kondisi gangguan kesehatan yang terjadi pada waktu puasa seringkali menjadikan tidak nyaman untuk menjalankan ibadah secara khusyu. Gangguan kesehatan saat puasa ini sebaiknya segera ditangani dengan baik dan benar sehingga tidak akan berdampak lebih buruk lagi untuk kesehatan tubuh. Jika kondisi gangguan kesehatan masih terbilang tidak cukup parah maka sebaiknya tangani dengan cara yang alami tanpa konsumsi obat-obatan. Namun sebaliknya jika kondisi kesehatan terbilang sudah cukup parah dan tidak memungkinkan untuk puasa sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kesehatan untuk saran yang lebih baik.

Bagaimanapun puasa Ramadhan adalah kewajiban yang harus dijalani dengan khusyu. Masalah kesehatan yang sering terjadi sebaiknya ditangani dengan tepat. Jangan sampai hanya karena gangguan kesehatan, ibadah kita jadi terganggu dan terbengkalai. Dalam hal ini berkonsultasi dengan dokter bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik sehingga masalah kesehatan yang terjadi pada diri Anda bisa ditangani dengan cepat.

Beberapa Gangguan Kesehatan Yang Harus Diwaspadai Selama Puasa
  1. Penyakit Mag

Mag merupakan salah satu gangguan kesehatan yang seringkali terjadi pada waktu puasa. Gangguan kesehatan yang satu ini sangat lumrah terjadi. Mungkin terdengar sepele namun gangguan kesehatan ini tidak boleh disepelekan sebab akibatnya bisa sangat fatal untuk kesehatan. Peningkatan produksi asam lambung memang menjadi penyebab terjadinya sakit mag. Akibat lambung yang kosong sehingga produksi asam lambung meningkat dan terjadilah penyakit mag yang begitu amat mengganggu ibadah puasa.

Upaya untuk mencegah dan mengatasi penyakit mag selama puasa bisa Anda lakukan dengan menghindari makanan atau minuman yang mengandung gas seperti kubis, kol, minuman bersoda, kopi, makanan tinggi lemak, makanan pedas dan makanan lainnya dengan rasa asam. Pilihlah menu makanan yang lebih sehat.

  1. Sembelit atau Kontipasi

Masalah kesehatan yang satu ini juga kemungkinan bisa terjadi pada saat puasa. Nah, untuk menghindarinya, konsumsilah makanan yang tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan atau sumber karbohidrat kompleks seperti beras merah dan gandum. Penuhi juga kebutuhan cairan sehingga proses pencernaan berjalan dengan baik.

  1. Hipoglikemia

Kadar gula darah rendah atau hipoglikemia bisa saja terjadi selama menjalankan ibadah puasa. Hal ini terjadi akibat terlalu berlebih asupan gula ketika makan sahur sehingga hal ini mengakibatkan hormone insulin diproduksi secara berlebihan dan terjadilah kadar gula dalam darah rendah. Efek sampingnya yaitu lemas, gelisah, mual muntah, sakit kepala dan jantung berdebar tak berirama.  Untuk itu sebaiknya pengaturan asupan makanan selama sahur sangat penting untuk diperhatikan.

  1. Bau Mulut

Mungkin gangguan kesehatan yang satu ini sudah tidak asing lagi dan menjadi ciri khas ketika menjalankan puasa Ramadhan bagi sebagian orang. Bau mulut bisa terjadi karena kurang menjaga kebersihan mulut dan mengabaikan sikat gigi setelah sahur dan sebelum ticur sehingga perkembangbiakan bakteri pada mulut lebih leluasa. Sebaiknya biasakan untuk membersihkan mulut sehabis sahur dan sebelum tidur pada malam hari. Hal ini setidaknya bisa meminimalisir gangguan bau mulut.

  1. Hipotensi

Apa itu hipotensi? Perlu Anda ketahui bahwa hipotensi merupakan tekanan darah rendah sehingga menimbulkan gejala seperti pusing, mual, lemas, letih, lesu dan lunglai. Untuk mengatasi dan mencegah hal ini sebaiknya cukupi supan cairan tubuh dengan konsumsi air putih yang cukup pada waktu sahur atau berbuka.

Nah, itulah beberapa jenis gangguan kesehatan yang bisa saja terjadi pada waktu puasa Ramadhan. Untuk menghindari masalah kesehatan tersebut sebaiknya konsumsi makanan sehat dan bergizi, atur pola makan, jangan sembarangan mengkonsumsi makanan pada waktu sahur dan berbuka puasa, perhatikan juga asupan cairan untuk tubuh dan rutin lakukan olahraga ringan. Dengan menjaga pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi selama puasa tentunya hal ini akan membantu menghindarkan gangguan kesehatan yang bisa mengganggu kekhusyuan ibadah puasa.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517