Inilah Beberapa Cara Mengobati Kista Ovarium Secara Alami

Kista merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi pada wanita. Biasanya kista tumbuh pada alat reproduksi wanita yaitu di bagian ovarium. Perlu Anda ketahui bahwa rahim wanita memiliki dua bagian ovarium yang terletak disebelah kiri dan kanan. Fungsiovarium tidak lain yaitu untuk keluarnya sel telur dan hormone pada wanita. Kista pada ovarium tentunya akan berpengaruh terhadap tingkat kesuburan seorang wanita. Maka dari itu diperlukan cara mengobati kista ovarium secara alami.

Kista ovarium muncul dengan adanya kantung-kantung yang berisi cairan pada bagian reproduksi yaitu indung telur, rahim dan bahkan leher rahim. Kista bisa bersifat degenerative atau turunan. Selain itu, kista juga muncul akibat pola hidup dan adanya kelainan pertumbuhan alat reproduksi. Nah, untuk mengatasi kista ovarium, berikut ini ada beberapa jenis obat tradisional yang bisa Anda gunakan!

Benalu Teh

Salah satu obat tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi kista ovarium yaitu tumbuhan benalu yang tumbuh diatas tanaman teh. Benalu tersebut mengandung flavonoid, flavonones, flavan3-ols dan chalcones. Manfaatnya yaitu untuk meningkatkan sistem imun tubuh, antikanker, anti alergi dan mencegah terjadi penggumpalan darah. Tanaman ini bisa Anda gunakan dengan meraciknya menggunakan tambahan rumput mutiara. Rebus dengan air bersih hingga mendidih dan air rebusan tersebut diminum secara rutin.

Mahkota Dewa

Mahkota dewa mengandung zat aktif yang disebut dengan polifenol, alkaloid serta saponin. Manfaatnya yaitu sebagai antibakteri serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu flavonoid berperan sebagai anti peradangan. Cara meraciknya yaitu dengan merebus mahkota dewa dengan tambahan temu mangga. Air rebusan tersebut diminum 2 kali sehari.

Kunyit Putih

Cara meracik kunyit putih untuk mengatasi kista yaitu sediakan kunyit kering, temu putih, pegagalan dan tapak liman kering. Semua bahan tersebut direbus hingga mendidih, lalu saring dan minum air rebusan tersebut. Kunyit putih memiliki khasiat sebagai antioksidan dan anti imflamasi sehingga efektif untuk mengatasi peradangan pada ovarium akibat adanya kista.

Teripang

Selain ramuan yang berasal dari tanaman, Anda juga bisa menggunakan teripang yang berasal dari laut. Spesies yang satu ini memiliki kandungan senyawa yang mampu mengatasi dan mengusir kista ovarium. Anda bisa memperoleh khasiat teripang dari produk kesehatan yang sudah tersedia.

Rumput Mutiara

Tanaman perdu yang satu ini tumbuh liar, namun memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa untuk mengatasi penyakit kista ovarium. Cara menggunakannya sama dengan ramuan lain yaitu direbus. Sediakan rumput mutiara, daging buah mahkota dewa dan rebus hingga mendidih. Minum air rebusan tersebut dua kali dalam sehari.

Demikian sekilas tentang ramuan tradisional untuk mengatasi penyakit kista ovarium. Penyakit ini harus mendapat penanganan yang benar supaya tidak berkembangn menjadi kanker. Lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapat penanganan yang benar disela-sela menggunakan obat tradisional. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This