Inilah Bahaya Smoothing Rambut Saat Hamil

Bolehkah smoothing rambut saat hamil? Smoothing merupakan salah satu perawatan rambut yang banyak dilakukan oleh wanita. Biasanya perawatan rambut dengan cara smoothing dilakukan secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Perawatan rambut yang satu ini hampir serupa dengan rebonding. Hanya saja smoothing lebih terpaku pada pelembutan dan pelemasan rambut.

Sepintas mungkin perawatan rambut ini tidak berbahaya jika dilakukan dengan benar. Namun, bagi Anda yang sedang menjalani kehamilan sebaiknya tidak melakukan perawtan rambut dengan cara smoothing sebab bisa memberikan dampak buruk terhadap kehamilan. Bahayanya mungkin tiak langsung pada janin yang ada di dalam kandungan, hanya saja akan mempengaruhi kesehatan ibu hamil dan pada akhirnya memberikan pengaruh buruk pada janin.

Kerusakan Pada Rambut

Kebiasaan melakukan perawatan rambut dengan cara smoothing akan memicu kerusakan pada rambut. Jenis kerusakan seperti rambut rontok, kusam dan kering. Hal ini terjadi akibat suhu panas yang berasal dari alat tersebut. Selain itu, kandungan kimia dari bahan yang digunakan untuk perawatan tersebut akan menyebabkan kerusakan pada akar rambut.

Alergi

Alergi kulit kepala adalah salh satu bahaya yang ditimbulkan oleh perawatan smoothing saat hamil. Pada kondisi yang serius bisa menyebabkan kulit kepala menjadi kering, ruam, iritasi dan gatal-gatal. Alergi pada kulit kepala ini bisa berasal dari bahan kimia yang digunakan untuk perawatan smoothing.

Pendarahan Pada Hidung

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses smoothing beresiko mengandung bahan kimia berbahaya. Nah, kandungan bahan kimia tersebut ternyata beresiko menyebabkan seseorang mengalami pendarahan pada hidung. Bagi ibu hamil kondisi tersebut tentunya sangat berbahaya untuk kesehatan janin di dalam kandungan.

Memicu Kanker

Terlalu sering melakukan perawatan smoothing ternyata bisa memicu timbulnya kanker. Mengapa bisa demikian? Penggunaan bahan kimia dalam produk perawatan tersebut akan memicu sel-sel kanker untuk berkembang. Hal ini jelas sangat membahayakan kesehatan dan keselamatan bayi di dalam kandungan.

Masalah Kesehatan Rambut

Rambut kering, kusam dan kasar adalah dampak buruk perawatan smoothing. Kandungan bahan kimia berbahaya dalam produk yang digunakan untuk smoothing ternyata akan menyebabkan rambut kehilangan kelembaban sehingga rentan terjadi kerusakan.

Demikian beberapa bahaya perawatn rambut smoothing bagi ibu hamil. Alangkah lebih baiknya pada waktu hamil untuk menjauhi perawatan yang melibatkan bahan kimia. Menjaga kesehatan dan kebersihan rambut tiak harus selalu pergi ke salon . Lakukan perawatan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan alami seperti lidah buaya, masker putih telur dan juga masker madu.

Penggunaan bahan-bahan alami tentunya terbilang lebih aman untuk kesehatan ibu hamil serta janin di dalam kandungan. Dengan begitu kehamilan yang Anda jalani akan senantiasa sehat sehingga janin lahir selamat tanpa cacat apapun.

Related Posts

Share This