Inilah Bahaya Makanan Cepat Saji Yang Tidak Disadari

Makanan cepat saji menjadi salah satu kudapan yang paling banyak digemari oleh setiap orang. Hal ini karena dinilai lebih praktis dan tentunya memiliki rasa yang enak. Makanan dan minuman cepat saji yang biasanya di jual di café atau tempat-tempat makan lainnya memang selalu menyajikan sajian makanan yang begitu menggoda. Anak-anak maupun orangtua biasanya memilih makanan cepat saji sebagai alternatif ketika lapar. Padahal tanpa disadari bahwa bahaya makanan cepat saji bisa fatal bagi kesehatan tubuh.

Makanan cepat saji sepintas mungkin memiliki tampilan yang begitu menggiurkan dan rasanya pun begitu nikmat untuk disantap saat nongkrong atau ngumpul bareng sahabat. Namun sebaiknya kita bersikap bijak dalam hal menyantap makanan cepat saji atau yang bisa disebut junk food. Kebiasaan mengkonsumsi makanan cepat saji tanpa disadari bisa memberikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh.

Jenis makanan cepat saji bervariasi dan biasanya dilengkapi dengan minuman berkarbonasi sehingga sangat enak untuk disantap. Dibalik itu semua jika ditelisik lebih jauh lagi ternyata makanan cepat saji yang biasa dijual di resto-resto ternyata bisa membahayakan kesehatan. Mengapa demikian? Hal ini karena makanan cepat saji biasanya mengandung lemak dan minus akan kandungan nutrisi. Bahkan minuman berkarbonasi yang biasa dikonsumsi bersama dengan makanan cepat saji mengandung banyak pemanis buatan sehingga bisa fatal akibatnya untuk kesehatan.

Bagi Anda yang ingin tetap bugar dan sehat dalam jangka panjang sebaiknya menghindari makanan cepat saji karena bisa berakibat fatal. Terlebih lagi bagi para penderita penyakit diabetes, jantung dan tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari jenis makanan cepat saji karena bisa memperparah kondisi dari penyakit tersebut.

Berikut ini Beberapa Bahaya Dari Makanan Cepat Saji Yang Perlu Diwaspadai

Gangguan Pencernaan

Salah satu bahaya makanan cepat saji untuk kesehatan yaitu bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Konsumsi makanan cepat saji yang terlalu sering bisa menyebabkan pencernaan terganggu karena makanan cepat saji mengandung garam yang sangat tinggi sehingga hal ini bisa menyebabkan penyerapan air lebih banyak. Pencernaan atau perut akan menjadi kembung dan tentunya tidak nyaman.

Gangguan Pernapasan

Menurut hasil riset menemukan bahwa anak-anak yang memiliki kebiasaan konsumsi makanan cepat saji akan mengalami atau terkena risiko penyakit asma dan rhinitis. Bahkan bagi orang dewasa bisa menyebabkan penyakit mengi, napas pendek dan bahkan sleep apnea.

Meningkatkan Kadar Insulin Dalam Tubuh

Tingginya kandungan karbohidrat atau kalori dalam makanan cepat saji bisa menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah. Peningkatan insulin tersebut dipicu kebiasaan konsumsi makanan cepat saji dan juga minuman yang mengandung soda. Kondisi ini sangat berisiko terhadap penyakit diabetes yang bisa mengancam siapa saja. Sebaiknya batasi dan jika memungkinkan sebaiknya hindari konsumsi makanan cepat saji dalam keseharian Anda.

Memicu Masalah Kulit

Selanjutnya bahaya makanan cepat saji bisa memicu masalah pada kulit seperti timbulnya jerawat dan juga komedo pada bagian wajah. Makanan cepat saji mengandung lemak tinggi sehingga sangat rentan sekali terhadap kesehatan kulit jika terus menerus dikonsumsi.

Merusak Kesehatan Gigi

Konsumsi makanan cepat saji yang tinggi akan kandungan karbohidrat dan lemak bisa memicu perkembang biakan bakteri pada mulut sehingga menyebabkan kerusakan gigi. Hal ini sebaiknya dihindari sedini mungkin sehingga kerusakan gigi bisa dicegah. Jangan biasakan memberikan makanan cepat saji pada anak anak karena berdampak sangat buruk bagi kesehatan.

Nah, itulah sepintas mengenai bahaya makanan cepat saji yang sebaiknya kita pahami. Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi makanan cepat saji, hanya saja sebaiknya kita bersikap bijak jika ingin memiliki tubuh yang sehat. Sah sah saja, boleh boleh saja mengkonsumsi makanan cepat saji, namun harus tahu batasan. Makanan sehat masih banyak yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh dalam jangka panjang.

Buah-buahan, sayuran dan jenis makanan sehat lainnya bisa kita olah dan konsumsi untuk menunjang kesehatan tubuh. Selagi ada yang sehat, kenapa harus konsumsi makanan yang kurang sehat? Mari biasakan untuk menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian sehingga tubuh bisa dalam keadaan bugar dan terbebas dari penyakit yang berbahaya. Tubuh sehat maka hidup akan lebih bahagia.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517