Inilah Bahaya dan Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil!

Anda suka coklat? Semua orang pastinya sangat menyukai makanan yang satu ini. Selain rasanya yang lezat, ternyata coklat dipercaya bisa menjaga mood supaya lebih tenang/bahagia. Namun jika sedang hamil apakah masih boleh mengkonsumsi coklat? Apa saja bahaya dan manfaat coklat untuk ibu hamil?

Seperti halnya teh atau kopi, coklat merupakan salah satu jenis makanan yang menghandung kafein. Sehingga banyak mitos di masyarakat yang tidak menganjurkan ibu hamil untuk mengkonsumsi makanan tersebut. Coklat bagi ibu hamil dipercaya bisa berdampak buruk terhadap kehamilan. Namun, kita tidak boleh sepenuhnya percaya dengan mitos tersebut sebelum mengetahui secara pasti dari segi kandungan gizi dan medis tentang bahaya serta manfaatnya.

Lalu bolehkah ibu hamil makan coklat? Makan coklat pada waktu hamil boleh-boleh saja dengan catatan tidak berlebihan.

Manfaat Coklat Untuk Ibu Hamil

  1. Kaya antioksidan

Seperti halnya teh, ternyata coklat juga memiliki flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan alami. Manfaat antioksidan pada coklat yaitu untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker pada ibu hamil. Selain itu, antioksidan berperan penting dalam meningkatkan kekebalan tubuh ibu hamil dan menjaga kesehatan janin di dalam kandungan.

  1. Menstabilkan tekanan darah

Manfaat coklat yang selanjutnya yaitu untuk mencegah preeklamsia/tekanan darah tinggi. Kandungan theobromine dalam coklat sangat berguna untuk mengatur tekanan darah dan melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah ibu hamil tetap normal.

  1. Sumber mineral

Coklat mengandung mineral penting seperti magnesium dan zat besi. Kedua mineral tersebut sangat dibutuhkan selama kehamilan untuk membantu pembentukan hemoglobin dan proses metabolisme asam lemak.

Bahaya Coklat Bagi Ibu Hamil

Meskipun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan, namun jika coklat dikonsumsi secara berlebihan maka sangat beresiko menyebabkan gangguan kesehatan pada ibu hamil. Berikut bahaya coklat bagi ibu hamil:

  1. Bahaya kafein bagi janin

Apabila coklat dikonsumsi secara berlebihan maka sangat beresiko terhadap kesehatan janin di dalam kandungan. Hal ini karena coklat mengandung kafein seperti halnya kopi dan teh. Jika kafein terlalu banyak masuk ke dalam tubuh ibu hamil maka akan terserap oleh janin melalui plasenta. Menurut riset menemukan bahwa kafein bisa menjadi pemicu bayi abnormal/cacat.

  1. Obesitas

Pada dasarnya coklat mengandung gula dan lemak. Jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak teratur maka sangat beresiko menyebabkan obesitas pada ibu hamil. Obesitas sangat beresiko terhadap tekanan darah tinggi ataupun kesehatan jantung. Selain itu, obesitas juga akan berdampak terhadap kesehatan janin di dalam kandungan.

Nah, setelah mengetahui manfaat dan bahaya coklat bagi ibu hamil. Konsumsilah makanan tersebut secara teratur dengan porsi yang tidak berlebihan. Supaya lebih aman, alangkah lebih baiknya jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517