Inilah Aturan Minum Jus Yang Harus Anda Ketahui

Jus buah merupakan salah satu jenis minuman sehat yang kaya akan nutrisi. Dengan minum jus maka kita akan memperoleh manfaat luar biasa dari buah-buahan. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalam buah akan terserap dengan mudah jika diolah menjadi jus. Dengan beitu kebutuhan vitamin dan mineral akan tercukupi dengan baik sehingga bermanfaat untuk meningkatkan imun tubuh. Namun tahukah Anda jika minum jus tidak boleh sembarangan dan asal minum saja. Ada beberapa aturan minum jus yang harus Anda ketahui.

Pengolahan jus yang tidak tepat akan menyebabkan kandungan nutrisinya hilang dan rusak sehingga tubuh hanya memperoleh ampasnya saja. Supaya minum jus yang segar tidak sia-sia maka sebaiknya Anda mengikuti aturan dalam minum jus. Apa saja aturan tersebut? Berikut ini penjelasannya.

  1. Jus Bukan Pengganti Makanan

Seringkali banyak orang yang salah persepsi ketika menerapkan program diet untuk menurunkan berat badan sehingga mengganti makan hanya dengan segelas jus buah. Perlu Anda ketahui bahwa buah-buahan tidak akan sepenuhnya bisa mencukupi kebutuhan kalori tubuh. Jumlah kaloriyang dibutuhkan yaitu sekitar 1.800 kkal.

Jika Anda membiasakan minum jus dan tidak mengkonsumsi makanan lain maka hasilnya justru akan berdampak terhadap kekebalan tubuh yang menurun. Maka dari itu, jangan sesekali minum jus sebagai pengganti makan karena itu tidak sebanding dengan kebutuhan tubuh.

  1. Hindari Minum Jus Buah Pagi Hari

Minum jus pada pagi hari nampaknya bukan aktivitas yang sehat untuk tubuh. Terlebih lagi jika jus buah tersebut memiliki rasa masam maka bisa berakibat bururk terhadap kesehatan pencernaan. Namun, Anda bisa memilih jenis buah yang tidak masam yang diolah menjadi jus seperti buah pisang, pepaya, alpukat ataupun wortel.

  1. Jus Bukan Pengganti Buah

Jangan hanya mengkonsumsi jus saja, namun sebaiknya Anda sesekali mengkonsumsi buah secara langsung, Hal ini untuk kesehatan lambung dan saluran pencernaan lainnya.

  1. Jangan Menyimpan Jus Dalam Waktu Lama

Jus buah yang telah Anda sajikan sebaiknya segera diminum dan jangan dibiarkan dalam waktu lama karena bisa menyebabkan kandungan nutrisinya rusak atau hilang. Terlebih lagi jika terpapar sinar matahari maka kandungan gizinya secara perlahan akan rusak.

  1. Minum Beserta Ampasnya

Dalam membuat jus sebaiknya Anda meminum beserta ampasnya. Hal ini karena sebagian nutrisi terdapat dalam ampas tersebut seperti serat dan beberapa vitamin penting.

  1. Jangan Hanya Buah

Bahan dasar untuk membuat jus tidak hanya buah saja. Namun Anda bisa membuat jus dari sayuran. Selain itu, Anda juga bisa mengkombinasikan buah dan sayuran menjadi jus segar kaya akan manfaat. Untuk memperoleh manfaat yang lebih baik maka Anda bisa mengkombinasikan jus buah dengan tambahan rempah seperti jahe atau kayu manis.

Related Posts

Share This