Inilah Alasan Yang Membuat Anak Tidak Mau Makan

Anak tidak mau makan merupakan salah satu kendala yang mungkin dihadapi oleh para Bunda dalam upaya untuk mendukung tumbuh kembangnya. Pada usia balita, anak-anak memang cenderung menjadi pemilih makanan sehingga jika tidak suka dengan makanan tertentu maka ujung-ujungnya tidak mau makan. Kondisi tersebut memang terbilang wajar sebagai bentuk adaptasi terhadap rasa, tekstur dan jenis makanan.

Dalam hal ini yang menjadi tugas orangtua adalah mencari solusi supaya si kecil tetap mendapatkan asupan nutrisi untuk pertumbuhannya. Jangan sampai kondisi anak tidak mau makan menyebabkan gangguan kesehatan yang mempengaruhi masa keemasan dalam tumbuh kembangnya. Nah, supaya Anda lebih mudah untuk mencari solusinya, maka ketahui terlebih dahulu faktor penyebabnya.

Berikut Beberapa Alasan Anak Tidak Mau Makan

  1. Si Kecil Belum Merasa Lapar

Salah satu penyebab si kecil tidak mau makan yaitu belum begitu merasa lapar. Biasanya setelah tahun pertama, nafsu makan si kecil sedikit menurun. Namun Anda tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut. Dalam hal ini Anda harus bisa menerapkan strategi dengan menyajikan makanan bergizi berupa sayuran diawal dan makanan yang mereka gemari diakhir. Disamping itu, jangan memaksa si kecil untuk makan jika belum lapar.

  1. Tidak Sesuai Selera

Biasanya anak usia balita pilah-pilih makanan sehingga jika menemui makanan yang tidak disukainya maka si kecil mogok makan. Pada usia tersebut biasanya anak-anak cenderung lebih menyukai makanan manis seperti permen, cokelat atau kue-kue manis.

Dalam hal ini Anda sebaiknya berkreasi untuk menyajikan makanan yang disukai si kecil namun mengandung banyak nutrisi. Salah satunya yaitu dengan membuat cake dari sayuran seperti bolu labu kuning atau stik bayam.

  1. Menu Yang Membosankan

Kurangnya kreativitas dan variasi makanan yang Anda sajikan akan membuat si kecil merasa bosan sehingga tidak mau makan. Maka dari itu jangan menyajikan makanan yang itu-itu aja setiap harinya. Ciptakan makanan yang bervariasi setiap hari dengan menu yang beragam. Selain itu, perhatikan juga tampilan dari makanan yang Anda sajikan. Buatlah semenarik mungkin sehingga si kecil tertarik untuk mengkonsumsinya.

  1. Suasana Makan Tidak Nyaman

Selain jenis dan variasi makanan, ternyata suasana waktu makan yang tidak menyenangkan bisa menjadi penyebab si kecil tidak mau makan. Menciptakan suasana yang menyenangkan ketika makan memang menjadi salah satu kunci untuk mengatasi anak yang susah makan. Anda harus menciptakan suasana yang membuat si kecil merasa tertarik untuk makan sehingga waktu makan tidak terkesan menakutkan.

Nah, itulah beberapa penyebab si kecil tidak mau makan yang sebaiknya Anda hindari. Asupan nutrisi pada masa tumbuh kembang anak sangat penting untuk dijaga supaya tidak terjadi gangguan yang fatal terhadap kesehatan si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517