Inilah Alasan Olahraga Jalan Kaki Bisa Memperpanjang Usia Anda

Olahraga jalan kaki merupakan salah satu jenis olahraga yang terbilang cukup sederhana dan simple. Bahkan olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Tanpa kita sadari aktivitas sehari-hari banyak dilakukan dengan berjalan kaki. Menurut sebuah riset menunjukan bahwa aktivitas jalan kaki yang dilakukan setiap hari minimal 11 menit daja maka bisa memperpanjang usia hingga dua tahun.

Aktivitas jalan kaki yang dilakukan secara rutin pada pagi dan sore hari bermanfaat dalam mencegah resiko kematian dini. Bahkan diperkirakan bisa memperpanjang usia hingga 9 tahun ke depan. Wah, luar biasa sekali ya? Jika memang hal tersebut bisa memperpanjang usia, lalu apa yang menjadi alasannya? Berikut selengkapnya.

Jalan Kaki Menyehatkan Jantung

Menurut seorang ahli kesehatan jantung di Kansas menyatakan bahwa aktivitas berjalan kaki bisa melindungi kesehatan jantung. Selain itu, para ilmuwan di universitas Harvard mengemukakan bahwa jalan kaki yang dilakukan secara rutin dan teratur setiap hari akan membantu menurunkan resiko penyakit jantung lebih banyak. Secara tidak langsung aktivitas jalan kaki akan membaut jantung memompa darah secara baik sehingga membuat tubuh senantiasa bugar.

Menurunkan Resiko Obesitas dan Diabetes

Resiko obesitas dan diabetes bisa diminimalisir dengan berjalan kaki secara rutin. Aktivitas tersebut bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 30% dan mencegah kematian dini sekitar 39%. Disamping itu menurut riset yang dilakukan di jerman menemukan bahwa berjalan kaki secara rutin akan meningkatkan enzim telomerase. Enzim tersebut berguna dalam membantu tubuh untuk memperbaiki DNA.  Bahkan jika kegiatan jalan kaki dilakukan selama 25 menit setiap hari maka bisa memperpanjang usia 7 tahun kedepan.

Jalan Kaki Mencegah Resiko Buruk Akibat Duduk Terlalu Lama

Duduk terlalu lama depan komputer memang sangat berbahaya untuk kesehatan. Nah, untuk mencegah resiko tersebut maka biasakan untuk berjalan kaki secara rutin setiap hari. Disarankan untuk berjalan kaki minimal 2 menit setiap jamnya untuk meminimalisir resiko tersebut.

Luar biasa sekali bukan manfaat jalan kaki? Aktivitas kini sekilas terlihat sepele, namun jika dilakukan secara rutin setiap hari maka akan berdampaka jangka panjang terhadap kesehatan tubuh Anda. selain itu, kegiatan tersebut termasuk salah satu tindakan dari pola hidup sehat.

Meskipun Anda memiliki banyak kesibukan, setidaknya sempatkan waktu beberapa menit di pagi hari untuk berolahraga. Biasakan bangun lebih pagi dan lakukan olahraga ringan jalan kaki minimal 10 hingga 15 menit. Tindakan sehat ini akan membuat Anda lebih siap menghadapi hari sehingga lebih bersemangat.

Mengingat banyaknya manfaat dari berjalan kaki, apakah Anda masih malas untuk melakukan olahraga sederhana ini? Mulailah dari sekarang untuk melakukan tindakan-tindakan sehat seperti olahraga ringan jenis ini. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517