Inilah Alasan Kenapa Sayur Penting Untuk Dikonsumsi Oleh Anak

Sayuran adalah salah satu jenis makanan yang tidak disukai oleh anak dengan alasan rasanya tidak enak dan tawar. Padahal sayuran merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang melimpah untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua sebaiknya memperkenalkan sayuran pada anak sejak dini sehingga akan menjadi kebiasaan yang terbawa sampai tumbuh dewasa.

manfaat sayuran bagi kesehatan anak

Dalam memperkenalkan makanan padat untuk bayi, sayuran adalah salah satu makanan yang dianjurkan untuk diperkenalkan terlebih dahulu dibandingkan dengan buah. Hal ini tidak lain bertujuan agar si kecil terbiasa untuk mengkonsumsi makanan tersebut sehingga semua kebutuhan nutrisinya akan tercukupi. Sayuran mengandung zat-zat yang mampu menangkal resiko penyakit berat. Maka dari itu mulailah untuk memperkenalkan sayuran pada si kecil sejak dini.

Alasan Pentingnya Sayuran Untuk Dikonsumsi Oleh Anak

Jangan pernah ragu memberikan sayuran untuk si kecil karena kandungan nutrisinya sangat berguna untuk melengkapi semua kebutuhan nutrisi pada masa pertumbuhannya. Berikut alasan kenapa sayuran begitu penting untuk diberikan pada si kecil.

  • Sayuran berguna untuk menunjang pertumbuhan. Sayuran mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E dan bahkan kalsium yang bermanfaat untuk membantu membangun jaringan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel-sel di dalam tubuh.
  • Menangkal penyakit. Sayuran memiliki kandungan zat-zat yang berguna untuk mencegah dan menangkal berbagai macam serangan penyakit berbahaya seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung dan berbagai penyakit berat lainnya.
  • Mencegah dehidrasi. Sebagian sayuran memiliki kandungan air dalam jumlah yang cukup banyak sehingga hal ini berguna untuk mencukupi semua kebutuhan cairan tubuh dan mencegah dehidrasi.
  • Mencegah obesitas. Manfaat sayuran yang selanjutnya yaitu untuk menjaga berat badan ideal pada anak. Sayuran memiliki kandungan nutrisi dalam jumlah tinggi, namun memiliki zat-zat rendah kalori dan lemak sehingga mencegah terjadinya obesitas. Anak-anak yang mengkonsumsi sayuran cenderung memiliki berat badan yang ideal sehingga terhindar dari penyakit yang diakibatkan oleh kelebihan berat badan.
  • Menjaga kesehatan sistem pencernaan. Seperti yang kita ketahui bahwa sayuran memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat berguna untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit. Selain itu, kandungan serat pada sayur bermanfaat untuk membuat anak merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makannya terkontrol dan terhindar dari obesitas.

Tidak ada salahnya apabila Anda memberikan sayuran pada anak sejak dini mengingat banyaknya manfaat dari sumber makanan tersebut. Setelah pemberian ASI secara ekslusif selama 6 bulan, sebaiknya Anda mulai memperkenalkan sayuran dengan cara menambahkan ke dalam makanan bayi. Sayuran bisa Anda haluskan kemudian ditambahkan ke dalam bubur bayi sehingga lebih mudah untuk ditelan oleh bayi.

Related Posts

Share This