Inilah Akibat Kebanyakan Minum Air Putih Yang Harus Anda Ketahui!

Air putih pada dasarnya memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh. Pakar kesehatan seringkali menyarankan supaya mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap harinya. Manfaat air putih untuk tubuh sangat banyak diantaranya yaitu untuk membantu mengeluarkan racun, mencegah dehidrasi dan banyak lagi. Akan tetapi dalam hal ini konsumsi air putih tidak boleh berlebihan sebab bisa membahayakan. Lalu apa saja akibat kebanyakan minum air putih?

Mengkonsumsi air putih terlalu banyak beresiko kterhadap kesehatan ginjal. Bahkan pada kondisi yang lebih parah bisa menyebabkan kematian jika mengkonsumsi air putih terlalu banyak dalam satu waktu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan mengenai dampak negatif konsumsi air putih berlebihan berikut ini!

Dampak Negatif Kebanyakan Mengkonsumsi Air Putih

  1. Meningkatkan Kinerja Ginjal

Salah satu kerugian mengkonsumsi air putih terlalu banyak yaitu bisa berdampak negatif terhadap peningkatan kinerja ginjal. Perlu Anda ketahui bahwa ginjal akan menyaring setiap cairan yang masuk ke dalam tubuh. Kondisi seperti ini tentunya akan membuat ginjal menerima beban dari yang seharusnya. Pada kondisi yang lebih parah dan jika sering terjadi maka beresiko mengakibatkan kerusakan pada bagian-bagian ginjal seperti glomerulus.

  1. Meningkatkan Volume Darah

Konsumsi air putih diluar batas yang seharusnya akan menyebabkan volume darah meningkat. Hal ini tentu saja akan membuat kinerja pembuluh darah dan jantung lebih aktif. Peningkatan kinerja tersebut beresiko menyebabkan terjadinya kerusakan pada jantung. Bahkan kondisi tersebut bisa menyebabkan pembuluh darah menjadi tertutup.

  1. Menyebabkan Gejala Hiponatremia

Asupan air putih terlalu banyak kedalam tubuh akan menyebabkan darah kekurangan natrium atau kadar garam. Kondisi tersebut lebih tepatnya disebut dengan istilah hiponatremia. Perlu Anda ketahui bahwa natrium adalah salah satu cairan elektrolit yang berfungsi dalam mengatur kadar air di dalam sel-sel tubuh. Jika terlalu banyak cairan yang masuk maka akan menyebabkan natrium tersebut menjadi encer.

Apabila kondisin tersebut terjadi maka kemungkinan akan terjadi pembengkakan. Adapun sel-sel yang membengkak akan mengalami kendala untuk berkembang akibat dari banyaknya cairan yang masuk. Nah, kondisi pembengkakan tersebutlah yang pada akhirnya memicu terjadinya masalah kesehatan. Gejalanya mulai dari penyakit ringan dan bisa penyakit parah sekalipun.

Oleh karena itu, konsumsilah air putih dalam batas wajar dan tidak berlebihan untuk memperoleh manfaat yang luar biasa. Anjuran mengkonsumsi air putih setiap harinya yaitu sebanyak 2 liter. Tapi bagi penderita penyakit ginjal sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter mengenai jumlah asupan cairan setiap harinya. Pada penderita penyakit ginjal, asupan cairan memang harus dibatasi untuk menghindari kinerja ginjal yang terlalu berat. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This