Inilah 5 Mitos Seputar Menyusui yang Harus Anda Ketahui!

Untuk saat ini, dukungan untuk ibu-ibu yang menyusui semakin banyak. Bahkan di pusat perbelanjaan serta gedung-gedung perkantoran pun sudah banyak yang menyediakan ruangan untuk menyusui atau bahkan ruangan yang disediakan untuk memompa ASI.

Hal tersebut di lakukan karena tidak ada cairan lain yang memang mampu menandingi khasiat yang dimiliki oleh ASI. Bahkan pemerintah juga para ahli kesehatan juga mendukung program pemberian ASI eksklusif selama enam bulan. Nah, jika Anda termasuk ibu menyusui, atau bahkan bagi Anda yang tengah hamil, pastinya Anda ingin memberikan si kecil ASI.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui mitos-mitos mengenai menyusui bayi jika memang Anda tidak mau terjebak di dalamnya. Karena jika Anda sendiri terjebak di dalam mitos tersebut, maka efeknya sangat tidak baik untuk keberhasilan pemberian ASI eksklusif, dan pastinya akan berdampak juga pada kesehatan si kecil.

Mitos 1 : Payudara kecil akan sulit menghasilkan ASI

Faktanya, berdasarkan ungkapan dari Alison Spiro, seorang ahli laktasi mengungkapkan, bahwa ukuran payudara sebenarnya tidak berpengaruh terhadap produksi ASI. Dan yang membuat ukuran payudara besar yaitu jaringan lemak, dan ASI sebenarnya tidak di produksi oleh jaringan tersebut, namun di produksi oleh jaringan  glandular

Mitos 2 : Jangan memberikan ASI setelah minum minuman beralkohol

Sebenarnya, alkohol yang masuk kedalam ASI sama halnya dengan alkohol yang masuk kedalam aliran darah. Ketika Anda mengkonsumsi alkohol, maka alkohol tersebut akan mengalir ke darah Anda termasuk mengalih ke air susu Anda. Dan ketika Anda berhenti meminumnya, maka tubuh akan segera melakukan proses metabolisme, sehingga akan segera kembali ke keadaan normal.

Mitos 3 : Bayi kembar tidak bisa mendapatkan ASI eksklusif

Menyusui bayi kembar memang penuh dengan tantangan, namun bukan berarti tidak mungkin di lakukan. Karena faktanya menyusui bayi kembar maish bisa dilakukan, dan yang pasti ketika Anda menyusui bayi kembar, Anda membutuhkan bantuan juga dorongan banyak piha, termasuk orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Mitos 4: Puting masuk tidak bisa menyusui

Faktanya, fungsi dari puting ketika menyusui yaitu memandu si kecil. Karena menyusui bukan hanya melibatkan putting, namun akan melibatkan seluruh bagian yang ada pada payudara.

Maka dari itu, ketika Anda menyusui, Anda dianjurkan untuk memasukkan semua bagian areola, atau bagian yang berwarna gelap di payudara ke dalam mulut si kecil, dan bukan hanya putting saja yang di masukkan.

Mitos 5 : Jangan memberikan ASI saat ibu dalam pengobatan

Menurut Spiro, ada beberapa jenis obat antibiotik yang aman untuk di konsumsi ibu hamil. Dan ketika Anda berkonsultasi dengan ahli medis, maka janbgan lupa untuk memberi tahunya kalau Anda tengah menyusui. Jadi, ketika dokter membuatkan resep untuk Anda, dokter juga akan mempertimbangkan keadaan bayi Anda. Dan proses pengobatan pada diri Anda tidak akan mengganggu proses menyusui atau menimbulkan efek yang buruk selama Anda berkonsultasi dengan dokter.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517