Inilah 5 Mitos Merawat Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Ketahui

Merawat bayi. “Sudah magrib. Baju bayi harus segera di angkat, jika tidak si kecil akan sakit!” Omel ibu Anda. Padahal, Anda memang sengaja untuk tidak membereskan jemuran baju juga popok si kecil, karena memang belum kering betul.

Namun ketika Anda mendengar ucapan tersebut, yang memang langsung terlontar dari orangtua, pastinya Anda akan merasa was-was dan khawatir, bukan? Dilema seperti itu memang kerap kali menyelimuti Anda, para ibu baru. Bahkan, sangat banyak sekali nasihat yang memang dijejelkan kepada Anda terkait beberapa hal yang memang dirasa tidak masuk akal, dan hal tersebut kerap kali membuat Anda bingung.

Jika seperti itu, mungkin Anda akan bertanya-tanya, apakah beberapa hal tersebut memang benar adanya, atau hanya sekedar mitos yang masih belum nyata kebenarnnya? Namun Anda tidak perlu bingung, karena Anda akan menemukan jawabannya di bawah ini.

1. Jemur pakaian bayi lewat magrib mengundang penyakit

Hal ini memanglah benar, karena ketika Anda menjemur pakaian di luar ruangan misalkan seperti di halaman, terutama ketika magrib atau sore menjelang malam, pastinya sangat banyak sekali beberapa jenis binatang kecil atau serangga yang tubuhnya tertempel serbuk sari bunga, yang hinggap di pakaian si kecil yang masih terjemur di luar rumah.

Ketika itu, maka kemungkinan besar serbuk sari yang tertempel di tubuh serangga tersebut akan menempel juga di pakaian si kecil. Yang mana bisa mengakibatkan tubuh si kecil menjadi gatal-gatal, atau bahkan bersin-bersin yang menyerupai pilek, hal ini besr resikonya jika si kecil memiliki riwayat alergi.

2. Gurita mencegah perut buncit

Hal ini jelas tidak benar, karena penggunaan gurita pada bayi tidak ada hubungannya dengan upaya mencegah agar bagian perut si kecil tidak melar ketika ia tumbuh dewasa. Ketika si kecil terlahir, ia memang akan memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada bagian dadanya. Namun seiring dengan bertambahnya usia, maka keadaan perut ini juga akan mengecil dengan sendirinya tanpa harus menggunakan gurita. Bahkan, penggunaan gurita hanya akan mengganggu pertumbuhannya dan bisa berbahaya untuk kesehatan si kecil.

3. Pusar ditempel uang logam supaya tidak bodong

Jelas hal ini salah, karena uang logam ini tidak akan memberikan pengaruh yang besar untuk bayi yang baru lahir. Kondisi pusar yang menonjol atau bodong pada bayi memang merupakan satu kondisi yang sangat wajar. Hal ini dikarenakan bagian otot dinding perut si kecil masih ada dalam kondisi yang lemah, sehingga mempengaruhi terhadap bentuk pusar si kecil tersebut. Namun seiring dengan berjalannya waktu, kondisi pusar tersebut juga akan membaik tanpa harus menggunakan uang logam.

4. Bedong agar kaki bayi tidak bengkok

Hal ini juga merupakan mitos yang salah. Karena membedong bayi juga tidak ada hubungannya dengan meluruskan bagian kaki si kecil. Karena semua bagian kaki bayi memang bengkok pada awalnya, namun nanti ketika tulang si kecil semakin kuat, dan semakin besar keinginannya untuk berjalan, kaki si kecil yang bengkok juga akan lurus dengan sendirinya tanpa harus membedongnya.

5. Bayi jangan diajak ke luar rumah sebelum 40 hari

Untuk hal yang satu ini memang ada benarnya, karena sebaiknya si kecil jangan dulu di bawa keluar rumah sebelum usia 40 hari. Karena bayi yang memang usianya masih terhitung hari, kemungkinan besar ia masih memiliki daya tahan tubuh yang sangat rendah. Jadi jika ada kuman atau bahkan virus yang masuk kedalam tubuh si ekcil, maka dengan mudah ia akan terjatuh sakit.

Related Posts

Share This