Inilah 4 Manfaat Menjaga Jarak Kehamilan

Setahun dari kelahiran anak pertama biasanya banyak pasangan yang mulai merencanakan untuk kembali memiliki momongan. Jarak antara anak pertama dan kedua yang cukup dekat diharapkan bisa menjalin hubungan dekat lebih baik. Akan tetapi sebaiknya jarak antara anak pertama dan kedua sebaiknya tidak terlalu dekat sebab bisa berpengaruh terhadap kondisi fisik dan psikologi anak. Oleh karena itu, jika Anda mengharapkan kehadiran anak kedua sebaiknya mempertimbangkan jarak kehamilan.

Jarak kehamilan yang ideal dan dianjurkan dari sejak persalinan hingga mencapai kehamilan selanjutnya yaitu minimal 2 tahun. Mengapa demikian? Hal ini berdasarkan pada berbagai pertimbangan yang bisa mempengaruhi perkembangan anak dan kesehatan sang ibu. Terlebih lagi bagi wanita yang melakukan persalinan dengan operasi caesar membutuhkan pemulihan dalam waktu yang relative lama.

Jika jarak kehamilan terlalu dekat maka bisa beresiko terhadap janin yang dikandung pada kehamilan tersebut. Menjaga jarak kehamilan memang memiliki banyak manfaat, baik itu untuk kesehatan rahim sang ibu ataupun perkembangan psikologis anak. Lalu apa saja manfaat menjaga jarak kehamilan?

Berikut Ini Manfaat Menjaga Jarak Kehamilan

  1. Menjaga Kesehatan Bayi

Salah satu manfaat menjaga jarak kehamilan ideal sekitar 2 hingga 5 tahun  yaitu mencegah kelahiran bayi dengan berat badan yang rendah. Bahkan jarak kehamilan yang ideal akan menghindari kelainan yang mungkin terjadi pada bayi. Selain itu, jarak ideal sangat bagus untuk proses menyusui dan mempersiapkan proses penyusuan selanjutnya.

Persiapan ASI dengan waktu yang cukup maka akan berdampak positifterhadap kecerdasan dan kesehatan bayi. Jarak yang terlalu dekat beresiko terhadap kekurangan nutrisi pada bayi akibat kualitas serta kuantitas ASI yang buruk.

  1. Proses Pemulihan

Pemulihan pasca persalinan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Untuk kembali hamil maka perlu mempersiapkan kondisi tubuh dan rahim yang sehat. Terlebih lagi jika proses persalian melalui operasi caesar maka membutuhkan waktu yang lama untuk pemulihan. Dalam hal ini perlu dilakukan konsultasi dengan dokter.

  1. Menjaga Hubungan Antara Ibu dan Anak

Manfaat lainnya yaitu berkaitan dengan aspek psikologis bagi ibu dan anak. Jarak yang ideal berguna untuk membangun hubungan bathin dengan anak sehingga Anda bisa memberikan pengertian pada anak pertama sebelum hadirnya anak kedua. Dengan begitu maka anak pertama lebih mudah untuk menerima kehadiran adiknya sehingga tidak merasa tersaingi.

  1. Menghindari Resiko Kekurangan Nutrisi

Kehamilan selanjutnya yang direncanakan dengan baik sangat berguna untuk menghindari resiko kekurangan nutrisi pada anak. Selain itu, jarak yang ideal juga akan bermanfaat dalam mencegah penyakit anemia sewaktu hamil. Bahkan jarak ideal akan berguna bagi tubuh dalam mempersiapkan pembentukan cadangan makanan untuk janin selama berada didalam kandungan.

Related Posts

Share This