Inilah 4 Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Mengganti Popok

Popok merupakan salah satu benda yang tak terpisahkan dari bayi. Penggunaan popok dinilai sangat efektif untuk untuk menampung kotoran si kecil dalam waktu sementara. Tidak hanya bayi yang berusia dibawah satu tahun. Penggunaan popok biasanya tidak lepasa dari anak balita berusia 24 bulan.

Dalam penggunaan popok bayi, banyak hal yang perlu Anda perhatikan dari segi kebersihan dan kenyamanan si kecil menggunakan popok tersebut. Pada zaman sekarang banyak sekali model popok yang bisa Anda pilih. Tentunya popok didesain senyaman mungkin dan menerapkan konsep praktis untuk digunakan.

Nah, dalam penggunaan/mengganti popok bayi baru lahir ataupun untuk balita, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Simak penjelasannya berikut ini!

  1. Lokasi mengganti popok

Pada waktu bayi berusia dibawah satu tahun mungkin Anda bisa mengganti popok diatas meja kecil sehingga lebih praktis. Namun ketika bayi Anda semakin tumbuh dan berkembang maka kebiasaan tersebut tidak akan bisa lagi Anda gunakan. Memasuki usia balita tentunya pergerakan si kecil akan semakin aktif sehingga jika Anda menggunakan meja dikhawatirkan akan terjatuh. Maka dari itu, gunakanlah alas pada lantai untuk mulai mengganti popok si kecil.

  1. Ukuran popok

Jika Anda ingin membeli popok dalam jumlah banyak sebaiknya pastikan terlebih dahulu ukuran popok yang sesuai dengan ukuran tubuh si kecil. Pada usia balita terjadi proses tumbuh kembang dengan pesat sehingga dikhawatirkan jika terlalu banyak membeli popok tanpa memastika ukuran maka akan sia-sia dan tak terpakai. Apabila Anda ingin membeli popok celana maka sesuaikan ukurannya sehingga ketika dipakai akan lebih nyaman.

  1. Jangan biarkan popok kotor

Kebanyakan orangtua yang mengabaikan popok ketika sudah basah. Padahal sebenarnya kondisi tersebut bisa membahayakan kesehatan kulit si kecil. Popok yang basah dan kotor bisa menyebabkan timbulnya ruam, iritasi dan bahkan ,infeksi bakteri. Nah, maka dari itu jika sekiranya popok si kecil sudah basah dan kotor maka segera bersihkan dang anti dengan yang baru.

  1. Segera lakukan penanganan jika timbul ruam

Apabila dalam penggunaan popok menyebabkan ruam serta iritasi pada kulit balita Anda maka segera lakukan penanganan. Bersihkan bagian yang terkena ruam dengan menggunakan handuk kecil yang dibasahi air hangat, kemudian keringkan dengan kain lembut dan bersih. Oleskan krim khusus untuk ruam. Jika kondisinya semakin parah dan tak kunjung membaik maka segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. Hentikan sementara penggunaan popok untuk meminimalisir ruam dan iritasi.

Ciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan ketika Anda mengganti popok si kecil. Dengan begitub akan membuat Anda tidak kesulitan menghadapi si kecil yang semakin aktif ketika mengganti popok. Untuk membuat si kecil tenang pada waktu memakai popok, berikanlah mainan atau benda yang disukainya.

Related Posts

Share This