Inilah 3 Penyebab Utama Ibu Hamil Susah Tidur

Hai bumil! Sudah berapa minggu kandungan Anda saat ini? Ketika usia kehamilan Anda masih muda, maka banyak diantaranya ibu hamil yang akan mengalami gangguan kehamilan, seperti ibu hamil susah tidur, morning sickness, mood swing, bahkan adanya perubahan suasana hati secara drastis.

Nah, mungkin Anda akan bertanya-tanya, kenapa ibu hamil susah tidur? Umumnya, keadaan ini disebabkan oleh adanya pertambahan frekuensi buang air kecil atau bahkan susahnya menemukan posisi tidur yang bisa membuat Anda nyaman.

Agar Anda bisa lebih mudah memahami hal apa saja yang menjadi penyebab utama susah tidur saat hamil, maka di bawah ini kami akan menguraikan beberapa hal penyebab ibu hamil susah tidur serta cara mengatasinya, yaitu sebagai berikut:

  1. Terlalu banyak tidur di siang hari

Ketika usia kehamilan Anda masih muda, umumnya banyak para ibu hamil yang akan merasa lebih sering mengalami lelah dan mengantuk di siang hari, sehingga mereka menggunakan sebagian besar waktu yang mereka miliki untuk tidur.

Hal ini dikarenakan meningkatnya hormon progesterone yang memang bisa memicu efek soporic atau mengantuk secara berlebihan, serta bisa menyebabkan rasa lelah terhadap tubuh jika memang di gunakan untuk beraktivitas secara berlebihan.

Jika di siang hari Anda sudah mendapatkan tidur yang cukup, maka di malam hari Anda akan di pastikan sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, bahkan Anda akan merasa kalau keadaan tubuh Anda tidak fit ketika Anda terbangun keesokan harinya.

Guna mengatasi hal ini, maka Anda bisa mengatur pola tidur Anda di siang hari, dan usahakan agar Anda bisa menggunakan waktu yang Anda miliki untuk melakukan beberapa aktivitas ringan, misalkan seperti membaca atau bahkan mendengarkan musik.

  1. Sulit menentukan posisi yang nyaman

Di usia hamil muda, produksi hormon progesteron akan bertambah, dan itu bisa menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh ibu hamil, salah staunya yaitu bisa membuat keadaan payudara menjadi lebih kendur dan akan terasa nyeri jika tersentuh.

Hal ini pastinya bisa membuat ibu hamil menjadi kesulitan dalam menentukan posisi tidur yang nyaman di malam hari, dan itu akan membuat istirahat ibu hamil menjadi tidak maksimal.

Guna mengatasi hal ini, maka sebaiknya ibu hamil bisa menghindari posisi tidur tengkurap, dan ANda bisa mengambil posisi berbaring atau bahkan miring dengan menghadap ke sebelah kiri.

  1. Sering buang air kecil

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan Anda, dan janin terus bertambah besar, maka keadaan rahim juga akan semakin membesar dengan sendirinya, dan keadaan ini bisa menekan kandung kemih sehingga frekuensi buang air kecil Anda bisa menjadi lebih sering.

Dan hal ini secara otomatis bisa membuat ibu hamil menjadi lebih sering terbangun di malam hari, dan itu akan membuat ibu hamil susah mendapatkan tidur yang nyaman.

Nah, agar ibu hamil bisa mendapatkan istirahat yang cukup di malam hari, maka ibu hamil di anjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi cairan di pagi hari dan siang hari, namun kurangilah asupan cairan tersebut di malam hari, terutama sebelum Anda akan tidur.

Related Posts

Share This