Ini Dia Penyebab Telat Datang Bulan yang Tidak Anda Sadari!

Apakah Anda sering telat datang bulan? Terkadang, datang bulan yang tidak teratur akan membuat kaum wanita menjadi sangat cemas juga was-was, karena ketika Anda telat datang bulan, bisa jadi ada hal yang bermasalah dengan kondisi tubuh Anda. Dan ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya Anda bisa memeriksakan diri Anda pada dokter.

Namun sebelum Anda berangkat ke dokter guna memeriksakan kondisi tubuh Anda, ada baiknya jika Anda mengecek terlebih dahulu beberapa hal yang dialami oleh tubuh Anda. Yang mungkin saja, beberapa hal tersebut merupakan penyebab telat datang bulan yang tidak pernah Anda duga. Yaitu sebagai berikut:
1. Mengidap Anoreksia dan Bulimia

Umumnya, para penderita penyakit anoreksia atau disebut juga dengan bulmia kerap kali mengalami keterlambatan dalam datang bulan. Terkadang mereka akan mengalami ketidak teraturan dalam datang bulan, bahkan terkadang jumlahnya sangat sedikit.

2. Tubuh yang Sering Divorsir dan Kelelahan

Ketika tubuh Anda mengalami kelelahan yang diakibatkan oleh aktivitas yang terus meningkat, juga bisa menjadi penyebab telat atau tidak teraturnya datang bulan. Dan ketika haid mulai muncul, biasanya disertai dnegan rasa nyeri yang luar biasa.

3. Berat Badan yang Turun Drastis

Bagi Anda yang ritin menjalankan program diet serta mengalami penurunan berat badan yang ekstrim, biasanya akan mengalami gangguan terhadap siklus haid.

4. Stres

Rasa stress yang diakibatkan oleh pekerjaan atau bahkan masalah harian Anda juga bisa menyebabkan keterlambatan datang bulan. Bahkan jumlah haid yang keluar juga tidak teratur atau tidak seimbang, bisa sangat sedikit atau bahkan bisa sangat banyak.

5. Tubuh dalam Keadaan Kurang Fit

Sakit tertentu yang menyerang Anda juga bisa menjadi penyebab tidak teraturnya datang bulan, terutama ketika Anda mengkonsumsi berbagai jenis resep obat yang mana mampu mempengaruhi siklus haid Anda.

6. Mengonsumsi Narkoba/Obat-Obatan Terlarang

Bagi Anda yang memang aktif dalam mengkonsumsi berbagai jenis obat terlarang, pastinya Anda juga akan mengalami masalah dalam siklus haid.

7. Sedang dalam Masa Menyusui

Bukan hanya itu, bahkan ibu yang tengah menyusui juga umumnya mengalami jadwal haid yang memang tidak teratur. Biasanya ibu menyusui akan terlambat dalam datang bulan, dan bahkan jumlah yang keluar sangat sedikit. Namun kondisi ini masih normal jika di alami oleh ibu menyusui.

8. Bolak-Balik Melakukan Perjalanan Jauh

Apakah Anda sering melakukan perjalanan jauh? Nah, patsinya kondisi tubuh Anda akan merasa lelah dengan rutinitas tersebut. Dan rasa lelah inilah yang nantinya akan mempengaruhi pembuahan di dalam rahim Anda, serta adanya pelepasan telur yang menjadi terlambat karena kondisi tersebut.

9. Gangguan Hormon

Adanya gangguan terhadap hormon juga bisa menyebabkan jadwal haid Anda menjadi terganggu. Umumnya, dokter akan memberikan Anda obat guna memperlancar haid Anda.

Related Posts

Share This