Ini Dia Penyebab Sariawan yang Membuat Selera Makan Anda Hilang

Penyebab sariawan. Mungkin Anda sudah tidak asing, dengan rasa sakit yang disebabkan oleh adanya luka di sekitaran mulut, yang terasa sangatlah perih ketika Anda berbicara atau bahkan makan. Dan hal tersebut pastinya bisa membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Bahkan, kerap kali nafsu makan kita akan berkurang, dan kerap kali juga kondisi ini menyiksa diri kita sendiri. Karena, selain sakit gigi, sariawan merupakan salah satu kondisi yang paling di hindari.

Sariawan sendiri adalah salah satu bentuk inflamasi atau bahkan peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa atau selpaut lendir yang berada di bagian mulut atau bibir bagian dalam, gusi, lidah, pipi bagian dalam bahkan langit-langit rongga mulut.

Umumnya, peradangan yang terjadi ketika Anda mengalami sariawan pada awalnya hanya muncul seperti bentuk iritasi serta keadaan ruam merah pada jaringan mukosa, setelah itu akan terbentuk ultus atau bahkan luka yang memang dirasa sangat perih juga mengganggu. Dan bagian ultus atau bahkan luka ini umumnya memiliki warna putih kekuningan, dengan bagian luka yang sedikit agak cekung.

Walaupun luka tersebut memiliki ukuran yang kecil juga tidak akan berbahaya, namun rasa perih yang di rasakan kerap kali membuat segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh mulut akan terhambat dan membuat kita merasa tidak nyaman, dan pastinya sariawan ini harus di atasi dengan cara yang tepat.

Namun, sebelum anda mencari cara untuk mengatasi sariawan dengan tepat, ada baiknya jika Anda mengetahui, apa saja sih hal yang menjadi penyebab sariawan pada mulut? Hal ini jelas penting untuk Anda ketahui, agar kelak Anda bisa menghindari sariawan yang jelas bisa membuat Anda merasa tidak nyaman ini.

Penting untuk Anda ketahui, bahwa salah satu penyebab yang menjadi faktor munculnya sariawan yaitu ketika mulut atau bibir Anda tergigit ketika Anda tengah mengunyah atau bahkan ketika Anda tengah ngobrol. Jika gigitan tersebut cukup keras, maka gigitan tersebut bisa menimbulkan luka yang mana nantinya akan berubah menjadi bentuk sariawan yang sangatlah perih juga mengganggu kenyamanan Anda.

Bukan hanya mulut yang tergigit, penyebab lainnya dari sariawan adalah kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh. Vitamin ini sangat dibutuhkan oleh tubuh guna menjaga kesehatan gigi juga mulut Anda, jika asupan vitamin C ini berkurang di dalam tubuh, maka salah satu bentuk yang akan ditunjukkan oleh tubuh yaitu munculnya sariawan. Bukan hanya vitamin C, kurangnya asupan vitamin B12 dan juga zat besi mampu memicu munculnya sariawan.

Bukan hanya itu, ternyata faktor dari kebersihan gigi juga mulut yang kurang bisa Anda jaga juga bisa menjadi penyebab munculnya sariawan. Bahkan, terlalu sering mengkonsumsi makanan yang terlalu panas serta pedas juga bisa menimbulkan luka peradangan di bagian mulut ini.

Related Posts

Share This