Ini Dia Penyebab Dan Gejala Radang Panggul yang Wajib Anda Pahami

Gejala radang panggul. Radang panggul adalah salah satu jenis penyakit peradangan atau bahkan infeksi yang memang menyerang bagian panggul kaum wanita. Dengan kata lain, penyakit radang panggul ini merupakan salah satu bentuk infeksi yang terjadi pada sistem reproduksi wanita yang mana berupa komplikasi yang disebabkan oleh beberapa jenis penyakit seksual yang menular, diantaranya seperti penyakit klamidia dan gonore.

Penyebab Radang Panggul dan Faktor Risikonya

Umumnya, jenis penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang sistem reproduksi wanita, akan tetapi, yang sering menjadi penyebab dari penyakit ini yaitu adanya infeksi gonore dan klamidia. Jenis bakteri ini umumnya akan ditularkan melalui proses hubungan seksual dengan orang yang memang tercemar oleh bakteri yang menyebabkan peradangan ini serta tanpa adanya penggunaan alat kontrasepsi.

Penyebab lain dari penyakit radang panggul yang memang sangat jarang terjadi yaitu ketika baketri masuk kedalam saluran reproduksi karena adanya gangguan pada bagian leher rahim. Hal ini bisa sjaa terjadi pada alat kontrasepsi yang Anda gunakan, seperti IUD, setelah Anda melahirkan atau bahkan ketika Anda keguguran.

Dan di bawah ini ada beberapa faktor resiko yang memang bisa menjadikan wanita sangat rentan terkena penyakit radang panggul, diantaranya yaitu sebagai berikut:

  1. Memiliki riwayat penyakit menular seksual yang memang tidak segera di obati
  2. Memiliki lebih dari satu pasangan dalam melakukan hubungan
  3. Aktif dalam hal berhubungan seksual
  4. Penggunaan alat kontrasepsi seperti IUD yang tidak tepat
  5. Douche, Douching mampu mendorong sejumlah bakteri masuk ke bagian organ panggul yang bisa menyebabkan infeksi.

Gejala Radang Panggul

Diagnosis dari penyakit radang panggul ini umumnya akan didasari terhadap kombinasi dari sejarah medis, adanya pemeriksaan fisik pada orang yang menderita penyakit ini, serta beberapa hasil tes lainnya. Mungkin saja seseorang tidak akan pernah sadar jika dirinya terserang jenis penyakit yang berbahaya ini, hal ini dikarenakan gejala radang panggul sangatlah ringan, atau bahkan seseorang tersebut sama sekali tidak mengalami gejala dari penyakit ini.

Nah, agar Anda bisa memahami seperti apa gejala radang panggul, maka kami akan memberikan informasi hal apa saja yang akan Anda alami ketika Anda terserang penyakit jenis ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Munculnya rasa nyeri di bagian bawah perut Anda
  2. Demam
  3. Kpeutihan yang keluar tidak seperti biasanya serta memiliki bau yang sangat pekat.
  4. Adanya rasa nyeri atau bahkan pendarahan ketika melakukan hubungan suami istri.
  5. Mengalami sensasi terbakar seperti panas atau perih ketika Anda buang air kecil.
  6. Terjadinya pendarahan di antara periode menstruasi.

Dan itulah beberapa penyebab serta gejala radang panggul yang memang harus benar-benar Anda perhatikan, agar ketika Anda mengalami gejala-gejala tersebut Anda bisa segera mengatasinya dengan baik, agar radang panggul yang Anda alami bisa di atasi dengan baik.

Related Posts

Share This