Ini Dia Penyebab Bau Mulut yang Jarang Diketahui

Bau mulut memang bisa membuat Anda menjadi minder ketika tengah berbicara dengan orang lain. Bahkan, bau mulut juga bisa membuat orang lain menjauhi diri Anda dikarenakan mereka merasa tidak nyaman dengan aroma bau mulut tersebut, sehingga membuat Anda menjadi orang yang terasingkan.

Banyak diantaranya orang-orang yang beranggapan kalau penyebab dari bau mulut yang tidak sedap adalah plak yang ada pada gigi, keadaan gigi yang berlubang bahkan terjadinya infeksi gigi. Itu semua memang benar, namun di samping itu, ada juga beberapa hal yang memang bisa menyebabkan mulut atau napas Anda menjadi bau. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Melewatkan sarapan

Penting untuk Anda ketahui, bahwa ternyata sarapan bukan hanya baik untuk perut Anda, namun ternyata sarapan juga sangat baik untuk mulut Anda. Karena sarapan di pagi hari mampu membantu Anda untuk meningkatkan produksi air liur yang berada di dalam mulut, serta mampu membersihkan bagian lidah dari serangan bakteri yang mana bisa menyebabkan bau mulut.

2. Masalah hati

Bau mulut juga bisa terjadi karena adanya masalah hati. Sama halnya dengan sindrom lemak hati atau bahkan penyakit kuning, yang mana bisa membuat aroma mulut menjadi tidak sedap. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan hati memiliki tanggung jawab dalam memetabilosme lemak serta ketika organ hati tidak mampu melakukan tugasnya itu, maka jumlah bakteri yang berada di dalam mulut akan terus meningkat.

3. Sariawan

Sariawan juga bisa menjadikan mulut beraroma tidak sedap, hal ini dikarenakan adanya pembentukan nanah serta infeksi yang terjadi.

4. Perdarahan gusi

Adanya peradangan terhadap gusi kerap kali membuat darah menjadi menumpuk di dalam mulut, dan hal ini bisa menjadikan mulut menjadi berbau tidak sedap.

5. Infeksi tenggorokan

Jika Anda mengalami infeksi terhadap tenggorokan, maka terkadang bakteri akan memecah sejumlah sel yang berada di saluran bronkial serta mampu menghasilkan lendir yang memang memiliki aroma yang tidak sedap.

6. Gagal ginjal

Bau mulut juga bisa terjadi ketika Anda mengalami gagal ginjal, karena umumnya orang-orang yang mengalami gagal ginjal akan mengalami bau mulut juga yang tidak sedap.

7. Diet

Sejumlah makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi juga bisa menyebabkan bau mulut. Hal ini dikarenakan kandungan asam amino yang mana bertindak sebagai tempat yang tepat untuk berkembang biaknya bakteri yang ada di dalam mulut.

8. Minum alkohol

Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga mampu mengeringkan bagian kelenjar ludah, sehingga memicu munculnya bau mult. Dan air liur sendiri memiliki peranan penting dalam menghapus bau yang memang dipicu oleh bakteri yang ada di dalam mulut.

Dan itulah beberapa hal yang memang bisa menyebabkan bau mulut. Agar Anda tidak mengalami bau mulut, maka Anda dianjurkan untuk menghindari beberapa penyebab di atas.

Related Posts

Share This