Ini Dia Manfaat Daun Binahong Untuk Jantung yang Wajib Anda Ketahui!

Manfaat daun binahong untuk jantung pastinya tidak bisa kita ragukan lagi, apalagi jika mengingat jenis tanaman ini memiliki kandungan zat alami yang memang berkhasiat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Dan penting untuk Anda ketahui, sebenarnya jenis tanaman ini bukanlan tanaman obat yang berasal dari Indonesia. Banyak juga diantaranya orang-orang yang menyebutkan tanaman ini berasal dari korea, akan tetapi jenis tanaman tropis ini juga banyak kita temukan di kawasan Asia dan Afrika. Dan daun dari tanaman ini dikenal mampu di jadikan sebagai obat pencegahan atau bahkan obat untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit, seperti tekanan darah rendah, kencing manis, jantung, sesak nafas, dan masih banyak lagi jenis penyakit yang bisa di atasi oleh daun bonahong ini.

Daun binahong ini juga termasuk kedalam familia Basellaceae, dengan nama latin Anredera cordifolia, bahkan di Negara Inggris juga daun binahong di sbeut dengan Basellaceae rubra Linn atau dikenal juga dengan sbeutan Basella alba.

Selain itu, tumbuhan ini juga termasuk kedalam tumbuhan liar yang memang merambat atau bahkan memanjat, hingga mencapai ketinggian 6 cm. Umumnya, tanaman ini tumbuh dengan liar di sekitaran rumah, namun terkadang juga kerap kali di jadikan sebagai pagar atau bahkan tanaman hias. Binahong ini bisa Anda temukan di ketinggian 1-500 m di atas permukaan laut.

Nah, mengapa daun binahong ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan Anda? Karena di dalam daun bonahong terkandung beberapa sifat kimia juga efek farmakologis, yaitu sebagai berikut:

  1. Karoten
  2. Asam organic
  3. glucan C
  4. D galaktosa
  5. L – arabinose
  6. L – rhamnose
  7. Asam aldonat

Bukan hanya beberapa kandungan sifat di atas, namun daun binahong juga memiliki kandungan senyawa phytochemical fenolik serta sifat antioksidan yang memang mampu mencegah serta membantu penyembuhkan beberapa jenis penyakit. Di tambah, binahong juga memiliki kandungan saponin serta vitamin A, B dan juga C yang baik untuk menutrisi tubuh. Jika seperti itu, seperti apa khasiat daun binahong untuk kesehatan jantung kita?

Kolesterol atau bahkan lemak jahat merupakan salah satu ancaman yang memang bisa membahayakan kesehatan jantung dalam berbagai aktivitasnya. Dengan Anda mengkonsumsi daun bonahong yang sebelumnya telah di seduh menyerupai dengan teh celup, maka terbukti cara ini mampu menurunkan resiko kolesterol tinggi, dan Anda dianjurkan untuk mengkonsumsinya 2 kali dalam satu hari, yaitu setiap pagi juga sore hari. Dan setelah 2 pekan, maka Anda dipastikan bisa merasakan adanya perbedaan yang cukup signifikan.

Dan itulah manfaat yang dimiliki oleh daun binahong untuk menjaga kesehatan tubuh juga jantung Anda. Satu hal yang harus Anda ingat, sebaiknya Anda menggunakan daun binahong ini sebagai pencegahan, karena jika penyakit jantung Anda sudah kronis, sebaiknya Anda periksakan kepada dokter guna mendapatkan penanganan yang jauh lebih baik.

Related Posts

Share This