Ini Dia Dampak Positif Dan Negatif Penggunaan Dot Untuk Bayi yang Wajib Anda Ketahui

Terkadang sebagian orangtua memilih empeng atau dot untuk bayi dengan tujuan untuk membuat bayi merasa nyaman dan tidak rewel. Pada dasarnya bayi memerlukan sesuatu untuk dimasukan ke dalam mulutnya bahkan ketika tidak merasa lapar sehingga tidak heran jika bayi sering mengemut jari. Nah, hal ini juga yang mendasari penggunaan empeng atau dot untuk bayi.

Sebagian ahli berpendapat bahwa penggunaan dot memiliki keuntungan untuk bayi. Namun disamping itu, perlu diwaspadai juga dampak negatif dari kebiasaan menghisap dot untuk kesehatan bayi. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan empeng atau dot sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu sisi positif dan negatifnya.

Keuntungan Menggunakan Dot Bayi

  • Penggunaan dot untuk bayi bisa menjadi pengalih perhatian. Salah satu contohnya yaitu ketika bayi sedang menjalani tes kesehatan dan imunisasi sehingga menjadi lebih tenang.
  • Mencegah terjadinya sindrom kematian mendadak (SIDS) pada bayi.
  • Melepasa kebiasaan menghisap dot akan lebih mudah jika dibandingkan dengan kebiasaan menghisap jari. Hal ini tentunya sangat berguna untuk mencegah kebiasaan bayi dalam menghisap jari karena dianggap sebagai hal yang membahayakan kesehatan.
  • Bayi lebih mudah tidur dengan menghisap dot atau empeng di malam hari. Selain itu, dot juga bisa menenangkan bayi yang rewel ketika terbangun di malam hari.
  • Membuat bayi tenang ketika Anda mengajaknya bepergian jauh menggunakan kendaraan.

Dampak Negatif Dot Bayi

Meskipun memiliki banyak keuntungan atau sisi positif, namun ternyata penggunaan dot untuk bayi tidak terlepas dari dampak negatif yang mungkin saja terjadi pada bayi. Berikut ini beberapa dampak negatif dari penggunaan dot bayi.

  • Beresiko terhadap gangguan telinga. Hal ini berdasarkan hasil riset bahwa kemungkinan bayi yang memiliki kebiasaan menghisap dot lebih rentan terkena infeksi pada telinga sehingga penggunaanya harus dibatasi.
  • Dampak negatif selanjutnya yaitu menyebabkan masalah kesehatan gigi. Terlebih lagi jika penggunaan dot dalam jangka panjang hingga anak berusia 2 tahun maka kemungkinan akan mengalami kerusakan pada gigi.
  • Menggunakan dot bisa menjadi salah satu kebiasaan yang akan sulit untuk dilepasakan sehingga hal ini perlu diwaspadai.
  • Selanjutnya dampak penggunaan dot menyebabkan proses menyusui menjadi terhalang. Bahkan durasi menyusui bisa berkurang dan bayi malas untuk menghisap payudara.

Memperkenalkan dot pada bayi sebaiknya jangan terlalu dini. Jangan sampai penggunaan dot mengganggu proses menyusui. Disamping itu, pastikan dot yang Anda berikan sesuai dengan usia bayi. Pilihlah dot yang memiliki lubang dibagian pinggir untuk menjaga udara supaya keluar masuk.

Selain itu, faktor penting yang harus Anda perhatikan yaitu kebersihan atau higienitas dari dot tersebut. Bersihakn dot secara rutin dengan mencuci menggunakan air hangat dan sabun khusus. Bersihkan secara teratur dan hindari berbagi dot dengan bayi lain.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517