Ini Dia Bunda, Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Harus Dipahami

Hai bunda! Ketika usia si kecil memasuki usia 8 bulan, pastinya Anda akan sangat sibuk dengan hal-hal yang dilakukan oleh si kecil. Karena pada perkembangan bayi 8 bulan, si kecil sudah mulai menunjukkan perkembangannya yang luar biasa, bahkan ia sudah berubah menjadi sosok yang sangat aktif.

Pada perkembangan bayi usia 8 bulan, tangan si kecil selalu bergerak ke kesnaa kemari, dan ketika itu ia juga semakin mahir dalam mengendalikan berbagai macam objek, bahkan kemampuan mengkoordinasi jari-jemarinya juga semakin membaik.

Bukan hanya itu, di usia 8 bulan ini si kecil juga mulai mampu menggunakan jarinya untuk menekan-nekan bagian tertentu pada mainan yang ia miliki, dan ia juga akan terus menyeldiki berbagai macam benda atau bahkan ruang kecil dengan jari mungil yang ia miliki.

Nah, bukan hanya itu bunda, pada perkembangan bayi umur 8 bulan, si kecil juga mulai menunjukkan beberapa pertumbuhan juga perkembangan lainnya, seperti:

  1. Menunjuk & Menjangkau

Di usia 8 bulan ini, umumnya si kecil mulai mampu menunjuk kea rah benda yang memang ia inginkan. Mereka akan menggunakan jari mereka untuk melakukan komunikasi dengan Anda, dan mereka juga akan menanyakan perihal benda yang mereka temukan.

Dan mungkin saja, si kecil akan menuju ke satu arah dimana benda yang ia rasa asing berada, setelah itu ia akan mengeluarkan suaranya sambil menunjuk benda tersebut. Dan pada saat itu, sebenarnya ia tengah bertanya kepada Anda, “Apa sih nama barang itu? Boleh nggak dipegang dan dimainkan?” Dan ketika itu, Anda harus memahaminya dan segera memberikan jawaban yang tepat.

  1. Merangkak & Berdiri

Pada perkembangannya ini, mungkin saja si kecil akan mulai mencoba untuk berdiri sendiri tanpa bantuan Anda, dengan cara berpegangan dengan benda yang ada di sekitarnya, seperti meja atau bahkan kursi, setelah itu ia akan mencoba untuk mengangkat badannya sendiri.

Kemampuan ini bukan hanya membutuhkan kaki yang kuat, namun si kecil juga harus memiliki kemampuan dalam menemukan cara untuk membengkokan lututnya agar ia bisa berdiri. Dan patsinya hal ini bukanlah satu hal yang mudah untuk si kecil.

  1. Perkembangan Emosional

Nah, bukan hanya perkembangan fisik atau kemampuan, perkembangan emosional si kecil juga akan terbentuk secara perlahan. Dan perkembangan emosional yang mungkin saja terbentuk di usia ini adalah:

  • Mengenal perbedaan antara wajah ceria dengan wajah sedih
  • Mulai mengenal perbedaan suara
  • Ia mulai waspada dan lebih hati-hati, hal ini dikarenakan ingatannya sangat berkaitan dengan tempat atau kejadian yang semakin kuat
  • Dia mulai memahami berbagai hukum sebab akibat
  1. Lain-lain

Anda bisa mencoba menghadapkan si kecil dengan cermin, maka ia akan mulai menghubungkan refleksi terhadap cermin tersbeut dengan dirinya. Bukan hanya itu, si kecil juga mulai mengenali orang serta beberapa benda yang ada disekitarnya, dengan cara melalui gambar dan menghubungkannya dengan yang asli.

Related Posts

Share This