Ini Dia Beberapa Jenis Makanan Untuk Kesuburan Pria dan Wanita

Pada dasarnya pola hidup sehat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang, baik itu pria maupun wanita. Salah satu caranya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi. Kasus infertilitas sebagian besar dipicu oleh kebiasaan pola makan yang buruk. Maka dari itu penting sekali untuk mengetahui jenis makanan untuk kesuburan pria dan wanita.

Ada mitos yang berkembang di masyarakat yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan tertentu bisa meningkatkan kesuburan. Salah satu contohnya yaitu dengan mengkonsumsi kecambah untuk mempercepat kehamilan. Hal ini ada benarnya juga sebab kecambah mengandung vitamin E yang berguna untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Vitamin E memang diperlukan untuk kesuburan, akan tetapi vitamin E bukan merupakan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam hal ini Anda harus mengkombinasikan sejumlah vitamin serta mineral yang lainnya untuk menjaga kesuburan. Dalam kondisi apapun, penting sekali untuk mempertahankan pola makan dengan asupan gizi seimbang.

Dan berikut ini ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu kesuburan pria dan wanita, yaitu sebagai berikut:

1. Vitamin B

Vitamin B termasuk jenis nutrisi yang penting untuk meningkatkan kesuburan. Vitamin B6 berguna untuk wanita dan vitamin B12 untuk kesuburan pria. Asupan vitamin B12 yang cukup akan membantu meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, jenis lain dari vitamin B seperti asam folat dibutuhkan untuk proses penyatuan sel sperma dengan sel telur.

Sumber vitamin B12 bisa ditemukan dalam jenis makanan seperti ikan, hati dan susu. Sedangkan untuk vitamin B6 terdapat pada beras merah, wortel dan ayam. Konsumsi jenis makanan tersebut akan membuat kesuburan reproduksi Anda tetap terjaga.

2. Vitamin E

Peran penting vitamin E sangat penting untuk sistem reproduksi wanita dan pria. Manfaat vitamin E untuk pria yaitu mendukung produksi sperma dan mencegah terjadinya kerusakan DNA pada sperma. Adapun manfaat bagi wanita yaitu menjaga produksi hormone-hormon baik serta endokrin. Menurut sebuah riset menemukan bahwa keruasakan DNA sperma diakibatkan oleh radikal bebas. Nah, disinilah vitamin E berperan penting untuk menjaga sperma dari pengaruh berbahaya. Vitamin E bisa dijumapi dari kecambah, kedelai, dan jenis sayuran berwarna hijau tua.

3. Vitamin C

Vitamin C berguna bagi pria untuk mencegah terjadinya penggumpalan sperma serta meningkatkan kemampuan sperma. Sedangkan untuk wanita yaitu untuk meningkatkan kesuburan dan menjaga keseimbangan hormonal. Vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.

4. Asam Folat

Asam folatbermanfaat dalam menambah kesuburan. Disamping itu, asam folat samngat berguna untuk mencegah bayi terlahir cacat. Asam folat bisa diperoleh dari kacang-kacangan, sayuran hijau dan buah-buahan.

5. Zinc

Nutrisi yang terakhir yaitu zinc atau seng yang memiliki peran penting untuk kesuburan sistem reproduksi. Adapun sumber makanan yang mengandung seng yaitu seafood seperti kerang ataupun kepiting.

Related Posts

Share This