Ini Dia Beberapa Faktor yang Wajib Anda Ketahui Tentang Batuk Berdarah

Batuk merupakan salah satu gangguan kesehatan yang umum terjadi pada setiap orang. Pada dasarnya batuk bisa dikategorikan sebagai kondisi normal dan bisa juga penyakit. Batuk adalah respon tubuh iterhadap benda asing yang masuk ke saluran pernapasan. Biasanya batuk disertai oleh dahak dan bahkan batuk berdarah pada kondisi yang lebih parah.

Batuk darah bisa timbul akibat beberapa kondisi tertentu yang terjadi pada tubuh. Namun terkadang kebanyakan masyarakat tidak mengetahui dan memahami akan infeksi batuk berdarah tersebut. Batuk darah yang terjadi secara terus menerus dan tidak segera ditangani bisa menyebabkan kondisi yang sangat fatal. Hal ini bisa mempengaruhi kesehatan jantung dan paru-paru. Lalu apa saja penyebab batuk berdarah?

Pada dasarnya batuk berdarah diakibatkan oleh kondisi sistem kekebalan tubuh yang menurun dan mengalami gangguan sehingga tidak bisa melawan bakteri yang masuk kedalam saluran pernafasan. Penyebab lainnya yaitu sebagai berikut.

1. Infeksi

Salah satu penyebab batuk berdarah yaitu adanya infeksi didalam tubuh pada bagian saluran pernafasan. Nah, infeksi tersebut menyebabkan berbagai gangguan kesehatan seperti bronkitis, TBC, dan bahkan pneumonia. Proses penyembuhan untuk batuk berdarah akibat infeksi terbilang cukup mudah dan lebih cepat. Akan tetapi jika sudah berkembang menjadi penyakit lain maka penyembuhan tersebut membutuhkan waktu yang lumayan lama.

2. Kelainan Pembuluh Darah

Penyebab selanjutnya yaitu akibat adanya gangguan dan kelainan pada pembuluh darah, terutama pada bagian pembuluh darah yang menuju ke paru-paru atau yang terdapta pada bagian paru-paru. Nah, gangguan pembuluh darah tersebut akan menyebabkan gejala batuk yang disertai dengan darah.

3. Radang Paru-paru

Selain infeksi, peradangan pada paru-paru menjadi penyebab batuk berdarah selanjutnya. Radang pada paru-paru tersebut diakibatkan oleh kuman atau bakteri TBC.

Dan di bawah ini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi batuk berdahak, yaitu sebagia berikut:

  • Bronkoskopi
    Salah satu pencegahan batuk berdarah yaitu dengan cara bronkoskopi atau penyumbatan. Lalu bagaimana caranya? Biasanya dokter akan melihat terlebih dahulu sumber pendarahan tersebut dan setelah ditemukan maka langsung dilakukan penanganan dengan cara penyumbatan.
  • Ramuan Tradisional
    Cara lain untuk mengatasi batuk berdarah yaitu menggunakan ramuan tradisional berupa kencur, kuncir, daun sendok, kayu manis dan bunga sepatu.
  • Embolisasi
    Untuk pencegahan yang terakhir yaitu menggunakan metode embolisasi untuk menghentikan terjadinya pendarahan pada paru-paru dan saluran darah. Cara yang dilakukan yaitu dengan melakukan penyuntikan zat tertentu dengan penanganan medis yang berpengalaman dan ahli.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi batuk darah. Sebaiknya Anda jangan menyepelekan batuk darah karena bisa sangat membahayakan kesehatan dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius. Hindari kebiasaan buruk seperti merokok untuk mencegah terjadinya gejala betuk darah. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Share This