Ini Dia 8 Alasan Mengapa Empeng Bayi Tidak Baik Digunakan

Untuk saat ini, banyak diantaranya orangtua yang memberikan empeng bayi kepada buah hatinya, hal ini bertujuan agar si kecil anteng dan tidak rewel. Namun satu hal yang harus Anda ketahui, ternyata empeng bayi memiliki banyak efek negative untuk kesehatan si kecil.

Hal ini juga diperkuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyebutkan bahwa empeng tidak baik di berikan kepada bayi, dan WHO menganjurkan agar orangtua tidak memberikan empeng ini kepada bayi terutama bayi yang baru lahir.

Lantas, apa alasan empeng tidak boleh di berikan kepada bayi, sedangkan jelas empeng di ciptakan untuk bayi? Berikut ini ada beberapa alasan mengapa empeng untuk bayi tidak baik di berikan, yaitu sebagai berikut:

  1. Kemungkinan besar empeng cepat kotor, dan itu menjadi salah stau penyebab buruknya higienitas untuk si kecil.
  2. Ketika empeng terlepas di saat bayi tertidur, maka kemungkinan besar si kecil akan terbangun dan menangis.
  3. Empeng juga bisa mencegah bayi menggunakan mulutnya dalam belajar mengenai beberapa makanan serta benda lainnya.
  4. Bukan hanya itu, ternyata empeng bayi juga bisa membuat si kecil merasa kalau menangis bukanlah salah satu hal yang bisa diterima oleh orangtua mereka. Padahal menangis merupakan salah satu bentuk komunikasi yang memang bisa di lakukan si kecil.
  5. Banyak diantaranya orangtua yang beranggapan kalau empeng merupakan salah satu solusi yang cepat agar si kecil tidak rewel atau menangis. Bahkan keberadaan empeng ini juga kerap kali membuat orangtua tidak mencoba untuk mencari tahu serta memahami kenapa si kecil menangis dan apa yang tengah mengganggu si kecil.
  6. Empeng bayi juga bisa membuat si kecil tidak bisa belajar bagaimana membuat diri mereka bisa merasa nyaman.
  7. Mungkin saja saudara si kecil memberikannya empeng untuk membuat si kecil merasa tenang ketika situasi dimana orangtua justru tidak melakukan hal tersebut.
  8. Sebuah study yang telah di lakukan oleh beberapa peneliti juga menunjukkan, bahwa pemakaian empeng pada bayi bisa meningkatkan resiko infeksi terhadap telinga setelah mereka sakit pilek.

Nah, agar si kecil bisa terlepas dari empeng dan si kecil tidak lagi menggunakan empeng, maka cara atau alternative yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menggunakan jari jempol buah hati Anda. Karena menghisap jempol si kecil sendiri memiliki beberapa kelebihan jika di bandingkan dengan menggunakan empeng. Dan berikut ini beberapa kelebihannya:

  1. Kebiasaan dalam menghisap jempol jauh lebih mudah dihilangkan daripada menggunakan empeng.
  2. Mudah untuk di cari serta di hisap ketika si kecil tertidur di malam hari.
  3. Keadaan jempol si kecil jauh lebih higienis jika di bandingkan dengan empeng bayi.
  4. Jempol juga memiliki rasa yang jauh lebih enak.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517