Ini Dia 5 Daftar Makanan Untuk Ibu Hamil Usia 9 Bulan

Memasuki usia kehamilan 9 bulan, buah hati yang selama ini dinantikan akan segera hadir mewarnai keceriaan keluarga kecil Anda. Pada usia kehamilan tahap akhir, perasaan ibu hamil kadang tidak menentu. Bahkan sebagian ibu hamil merasa tegang bercampur bahagia untuk menghadapi proses persalinan. Keluhan-keluhan menjelang persalinan memang terbilang hal yang wajar terjadi pada ibu hamil 9 bulan. Nah, untuk mengatasi keluhan dan mempersiapkan proses persalinan maka Anda bisa memilih jenis makanan untuk ibu hamil yang tergolong memiliki kandungan gizi seimbang.

Untuk mengatasi gangguan kehamilan tahap akhir maka salah satu tindakan yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Tindakan tersebut meliputi pemilihan jenis makanan yang bergizi, olahraga teratur dan menjauhi aktivitas yang bisa membahayakan kehamilan. Namun yang akan penulis bahas kali ini yaitu mengenai pemilihan jenis makanan yang direkomendasikan bagi ibu hamil 9 bulan sebagai upaya mempersiapkan persalinan normal.

Berikut Daftar Jenis Makanan Untuk Ibu Hamil 9 Bulan

1. Pisang

Buah pisang tergolong salah satu jenis buah yang paling cocok untuk ibu hamil. Pisang mengandung vitamin dan mineral penting yang menyediakan banyak energi bagi ibu hamil dalam mempersiapkan persalinan. Konsumsi pisang akan mengurangi resiko penyakit anemia menjelang persalinan.

2. Kurma

Konsumsilah buah kurma minimal 2 butir pada waktu sarapan dan makan siang. Pada dasarnya kurma menyediakan kalori yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Selain itu, kandungan nutrisi pada kurma berguna untuk membantu mengoptimalkan sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi yang diperlukan oleh janin.

3. Brokoli

Selain jenis buah-buahan, dalam mempersiapkan persalinan, Anda juga harus mengkonsumsi sayuran seperti brokoli. Kandungan zat besi, vitamin dan asam folat pada brokoli berguna untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menekan resiko anemia yang bisa menghambat persalinan normal.

4. Bayam

Seperti halnya brokoli, bayam tergolong sayuran yang tinggi akan kandungan zat besi dan asam folat. Nutrisi tersebut berperan aktif dalam mencegah anemia dan menunjang kelancaran persalinan.

5. Madu

Kandungan nutrisi pada madu tidak perlu dipertanyakan lagi. Bahkan madu terkenal sebagai salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Konsumsi madau secara rutin akan menghindarkan Anda dari resiko anemia dan meningkatkan imunitas Anda menjelang persalinan. Bahkan madu bisa menjadi pilihan Anda dalam melengkapi semua nutrisi yang diperlukan oleh janin dalam proses pematangan sebelum lahir.

Selain memilih jenis makanan sehat diatas, perlu diperhatikan juga pola makan. Porsi makan jangan berlebihan sebab bisa mengakibatkan kenaikan berat badan yang tak terkontrol. Perhatikan juga asupan cairan selama kehamilan tahap akhir sebagai upaya untuk mencegah dehidrasi menjelang persalinan. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Share This