Ini Dia 4 Jenis Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil 1 Bulan

Makanan yang baik untuk ibu hamil 1 bulan. Masa kehamilan pastinya merupakan salah satu masa yang paling di nantikan oleh hampir semua kaum wanita, terutama bagi mereka yang memiliki pasangan. Dan pastinya, kehamilan pertama merupakan moment yang paling mendebarkan bagi si calon ibu. Dan pastinya Anda akan memiliki rasa penasaran yang cukup besar terkait kehamilan yang Anda dapatkan, dan pada akhirnya Anda akan mencari banyak informasi terkait kehamilan, baik dari majalah, internet, bahkan orang-orang yang pernah mengalami hal yang sama.

Nah, bagi Anda yang saat ini baru pertama kali mendapatkan kehamilan, terutama yang baru dan masih sangat asing dengan kehamilan serta perkembangan janin yang ada di dalam kandungan, maka penting untuk Anda ketahui bahwa kehamilan itu terbagi menjadi tiga trimester, yaitu trimester pertama, trimester kedua, dan trimester ketiga atau disebut juga dengan trimester akhir.

Trimester pertama akan dihitung dari 12 minggu pertama setelah Anda mengalami masa menstruasi yang terakhir. Dikehamilan trimester ini, Anda akan mengalami banyak sekali perubahan, dan perubahan tersebut terjadi untuk menyesuaikan diri Anda dengan janin yang akan tumbuh di dalam rahim Anda. Dan pastinya di trimester ini, karena kondisi kehamilan Anda masih terbilang lemah, maka Anda harus benar-benar menjaga pola makan Anda agar asupan nutrisi harian Anda bisa tercukupi dengan baik dan memilih makanan untuk ibu hamil 1 bulan yang menyehatkan.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil 1 bulan yang bisa menjadi pilihan Anda, guna menjaga kesehatan tubuh Anda serta membantu tumbuh kembang janin yang ada di dalam kandungan, yaitu sebagai berikut:

1. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Bagi ibu hamil, mengkonsumsi sayuran merupakan satu hal wajib yang harus dilakukan. Karena sayuran yang di konsumsi selama masa kehamilan bisa mengatasi morning sickness yang biasanya dialami oleh ibu hamil di trimester pertama. Bukan hanya mampu mengatasi morning sickness, namun ada beberapa jenis syauran seperti bayam sangat kaya akan kandungan zat besi yang sangat di butuhkan oleh tubuh untuk memproduksi hemoglobin.

2. Jadikan Buah Sahabat Anda

Ibu hamil juga dianjurkan untuk rutin mengkonsumsi buah-buhan segar, karena buah-buhan segar bisa menjaga stamina ibu hamil di kehamilan trimester pertamanya. Buah-buhan ini bisa Anda jadikan sebagai cemilan, dan Anda dianjurkan untuk mengkonsumsi buah apel juga pisang sebagia menu cemilan Anda. Mengapa? Karena kedua jenis buah ini memiliki kandungan yang baik, diantaranya kandungan serat yang bisa mengatasi sembelit yang umum dialami oleh ibu hamil.

3. Konsumsi Seafood

Di awal kehamilan, ibu hamil sangat membutuhkan asupan protein dalam jumlah yang cukup untuk membantu proses pembentukan jaringan otak si janin. Maka dari itu, Anda sangat dianjurkan untuk memperbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein juga omega 3. Dan salah satu jenis makanan yang memiliki kedua kandungan tersebut yaitu seafood, seperti ikan, udang, cumi-cumi, rumput laut dan beberapa jenis lainnya yang memang terbukti memiliki kandungan protein yang baik.

4. Sereal Juga Baik Untuk Dikonsumsi

Mengkonsumsi sereal di masa kehamilan trimester pertama memang dianjurkan, namun tidak untuk makanan pokok. Sereal ini lebih cocok Anda konsumsi sebagai makanan tambahan, karena sereal ini memiliki kandungan mineral, vitamin B, kandungan karbohidrat, dan juga kandungan kalsium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pendukung aktivitas ibu hamil. Jika Anda tidak menyukai sereal, Anda juga bisa menggantinya dengan mengkonsumsi roti gandum, karena jenis roti ini juga sangat kaya akan kandungan serat yang baik.

Related Posts

Share This