Ini Cara Membersihkan Botol Susu Bayi yang Benar Agar Tetap Steril

Botol susu bayi merupakan satu komponen yang sangatlah penting untuk tetap berada dalam keadaan yang steril. Jika Anda tidak membersihkannya dengan cara yang benar, maka botol susu bayi ini bisa menjadi salah satu sarang bakteri serta bisa membahayakan bagi kesehatan si kecil.

Nah, berikut ini ada beberapa cara mencuci botol susu bayi yang harus benar-benar Anda perhatikan agar botol susu bayi tidak menjadi sarang bakteri, yaitu sebagai berikut:

  1. Gunakan sabun cair

Dalam cara membersihkan botol susu bayi, jangan pernah Anda menggunakan sabun colek atau bahkan diterjen untuk membersihkan botol bayi si kecil. Mengapa? Karena sabun colek atau bahkan diterjen merupakan salah satu bahan pembersih yang memiliki kandungan zat yang sangat berbahaya untuk kesehatan si kecil. Dan sebaiknya, Anda bisa menggunakan sabun pencuci yang di khususkan untuk membersihkan peralatan bayi yang memang banyak beredar di pasaran. Memang benar, harga dari pembersih tersebut cukup mahal, namun Anda harus memperhatikan kesehatan si kecil.

  1. Air mengalir

Setelah Anda membersihkan botol susu bayi dengan menggunakan sabun cuci air khusus, maka bilaslah botol tersebut dengan menggunakan air yang mengalir. Karena air yang mengalir jauh lebih baik jika dibandingkan dengan air yang di tamping. Pastikan tidak ada sisa sabun yang menempel di dalam botol susu bayi tersebut.

  1. Sterilisasi

Salah satu cara yang paling mudah untuk mensterilkan botol susu bayi yaitu dengan cara menghangatkan botol susu tersebut dengan menghangatkannya di dalam air yang tengah di rebus. Anda isi panci dengan air, biarkan sampai air mendidih, setelah itu kecilkan api kompor. Setelah itu, Anda masukkan semua botol susu bayi dan tutupilah panci tersebut agar uap bisa tetap terjaga. Biarkan mendidih sebentar, setelah itu matikan kompor dan diamkan selama 20 menit.

  1. Keringkan secara alami

Setelah Anda membersihkan dengan cara di atas, maka keringkanlan botol susu bayi dengan cara mendiamkannya dan keringkanlah dengan cara alami, dan itu merupakan salah satu cara terbaik. Akan tetapi, jika Anda membutuhkan botol tersebut dalam waktu dekat, Anda harus memastikan kalau tisu atau bahkan kain yang Anda gunakan untuk mengelap dalam keadaan steril serta tidak membahayakan untuk si kecil.

Nah bagi para ibu, Anda sangat di sarankan untuk membersihkan atau menseterilkan botol susu bayi sehari dua kali. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda bisa memilih botol susu bayi lebih dari satu, berguna untuk cadangan. Dan jika Anda ingin menggunakan cara yang jauh lebih mudah, maka untuk saat ini sudah tersedia alat guna menseterilkan botol susu bayi melalui pemanasan listrik.

Related Posts

Share This