Ingin Tumbuh Kembang Anak Optimal? Penuhi Nutrisi Berikut

Sebagai orangtua, tentunya Anda mengharapkan tumbuh kembang anak secara optimal tanpa adanya gangguan. Akan tetapi tak jarang banyak orangtua yang masih kebingungan untuk menerapkan strategi dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Nah, salah satu cara untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak yaitu dengan memberikan asupan makanan yang bergizi.

Nutrisi merupakan salah satu faktor eksternal dalam menunjang tumbuh kembang anak. Kebutuhan nutrisi dalam tahap pertumbuhan anak memang sangat tinggi. Bahkan jika asupan nutrisi tersebut tidak terpenuhi dengan baik maka beresiko terhadap gangguan serius dalam tumbuh kembangnya. Lalu apa saja jenis nutrisi yang tercukupi guna menunjang tumbuh kembang anak? Perhatikan berikut ini.

Vitamin

Salah satu jenis nutrisi yang kharus dipenuhi guna menunjang tumbuh kembang anak yaitu vitamin. Jenis nutrisi ini sangat dibutuhkan dalam tahap perkembangan anak. Adapun beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan diantaranya yaitu vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, vitamin B untuk menunjnag perkembangan otak, vitamin C untuk imunitas tubuh, vitamin D untuk menguatkan gigi dan tulang serta vitamin E yang berguna untuk meningkatkan fungsi otak. Selain itu vitamin berperan dalam membantu penyerapan kalsium bersama dengan vitamin D.

Jenis vitamin tersebut bia diperoleh melalui asupan makanan seperti sayuran dan buah-buahan. Asupan vitamin yang mencukupi dalam setiap tahap pertumbuhan anak sangat berguna untuk membantu mengoptimalkan tumbuh kembang tersebut.

Zat Besi

Kebutuhan nutrisi selanjutnya yaitu zat besi. Nutrisi yang satu ini termasuk salah satu komponen mineral penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Zat besi berguna untuk memelihara sistem saraf dan membantu pembentukan sel darah merah yang membawa oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh.

Kekurangan zat besi pada anak beresiko terhadap kecerdasan dan tumbuh kembang yang terhambat. Zat besi bisa diperoleh dari sumber makanan seperti buah bit, pepaya, jeruk, bayam dan lain sebagainya. Jangan sampai kebutuhan zat besi tidak tercukupi sebab beresiko juga terhadap penyaklit anemia pada anak yang akan mengganggu tumbuh kembangnya.

Kebutuhan Psikososial Emosi

Selain nutrisi, untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak sebaiknya Anda memperhatikan aspek psikososial emosi anak dengan cara memberikan perhatian, kasih sayang, pengertian dan kepedulian. Hal ini secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap perkembangan psikis anak.

Stimulasi

Disamping itu, stimulasi juga diperlukan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil. Hal ini juga merupakan bagian dari perkembangan psikis. Anda bisa memberikan stimulasi dalam hal sensorik, kognitif dan juga  menjalin komunikasi yang baik.

Demikian beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan sebagai upaya untuk mengoptimalkan tumbuhkembang anak. Keseimbangan antara asupan nutrisi dan stimulasi psikis sangat penting sehingga tumbuh kembang anak akan berjalan optimal dan terhindar dari resiko gangguan pertumbuhan.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517