Ingin Tahu Kebenaran Tentang Ngidam? Yuk, Cek Disini

Umumnya ibu hamil akan mengalami yang namanya ngidam. Misalkan seperti, memiliki keinginan untuk makan baso di malam hari, dan katanya keinginan tersebut harus di penuhi. Nah, sebenarnya ngidam itu mitos atau malah fakta?

Ibu hamil yang mengalami ngidam itu merupakan hal yang sangat wajar, dan umumnya akan terjadi pada setiap ibu hamil. Biasanya, ciri ciri orang ngidam itu sangat identic dengan perasaan ingin mengkonsumsi makanan yang tidak biasa, atau bahkan keinginan melakukan suatu hal yang kurang masuk akal.

Umumnya, keadaan ngidam ini akan terjadi pada tiga bulan awal kehamilan. Jika di lihat dalam istilah medis, tidak mengenal yang namanya ngidam. Hal ini dikarenakan ngidam bukan berasal dari janin atau bahkan dampak perubahan hormonal ketika hamil.

Banyak diantaranya orang-orang yang beranggapan, jika seorang ibu hamil tengah ngidam dan keinginannya tidak terpenuhi, maka kelak akan membuat bayinya memiliki kebiasaan ngeces atau mengeluarkan air liur.

Satu hal yang harus Anda ingat, bawha hal tersebut merupakan mitos belaka. Mengapa? Karena ngidam tidak ada hubungannya dengan perkembangan atau bahkan dengan kebiasaan si kecil.

Dan yang menjadi pertanyaan, mengapa bisa ngidam? Dan seperti apa ciri ciri ngidam itu?

Mengapa ngidam terjadi pada ibu hamil? Nyatanya, ngidam yang di alami oleh ibu hamil kebanyakan seputar makanan. Seperti ibu hamil yang ngidam ingin makan kue tart ulang tahun, dan hal tersebut di karenakan aktifnya sejumlah hormon kehamilan. Salah satunya yaitu meningkatnya kadar progesterone. Kenaikan hormon tersebut berpengaruh terhadap fungsi juga metabolisme tubuh ibu hamil, dan salah staunya ada pada organ pencernaan juga sistem produksi air liur.

Baca Juga:  Bolehkah Ibu Hamil Mengkonsumsi Obat Tidur?

Lantas, apakah boleh ngidam yang di alami ibu hamil tidak dipenuhi? Satu hal yang harus Anda ingat, tidak semua ngidam yang di alami oleh ibu hamil harus di penuhi, karena ngidam tidak ada hubungannya dengan janin yang ada di dalam kandungan. Satu hal yang harus di perhatikan, ketika ngidam, Anda harus memperhatikan kesehatan Anda.

Jika Anda ngidam mengkonsumsi makanan yang manis, pastinya bisa membuat Anda menjadi obesitas ketika Anda hamil. Maka dari itu, ketika Anda hamil Anda harus mematsikan kalau makanan yang Anda konsumsi tidak berlebihan, apalagi yang manis-manis.

Nah, jika ada ibu hamil yang ngidam di malam hari, apa penyebabnya? Umumnya, ngidam yang terjadi di waktu-waktu yang tidak tepat, sebaiknya tidak selalu Anda turuti, misalkan seperti minta makan buah manga muda di malam hari. Keinginan seperti ini tidaklah wajar, dan bertujuan hanya ingin memenuhi perasaan nyaman si ibu hamil.

Untuk ngidam yang berhubungan dengan psikologis, dimana seorang ibu hamil akan merasa nyaman, selama tidak merepotkan boleh saja Anda sebagai suami untuk berusaha memenuhi keinginan tersebut. Namun satu hal yang harus Anda ingat, tidak semua ngidam harus dipenuhi, karena ngidam ini bersifat mitos dan Anda bisa mengalihkannya dengan hal lain.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi Bundakim.com. Instagram: @bundakim7 SMS / WA: 0813 2154 8517