Ingin Melahirkan Normal Dan Lancar? Ini Dia Tips Agar Mudah Melahirkan

Tips agar mudah melahirkan secara normal pastinya merupakan salah satu bentuk informasi yang pastinya akan selalu banyak di cari oleh setiap ibu hamil, terutama bagi ibu hamil yang memasuki masa kehamilan trimester akhir. Karena melalui proses persalinan yang normal dan lancar, maka sang ibu akan cepat kembali pulih setelah proses persalinan.

Nah, agar mudah melahirkan secara normal dan lancar, maka sebaiknya ibu hamil bisa menjaga kondisi tubuhnya, baik secara fiski atau bahkan mental. Umumnya, wanita hamil akan merasa ketakutan sendiri ketika mereka akan menghadapi proses persalinan. Hal ini dikarenakan mereka sering mendnegar cerita terkait proses persalinan yang sakit. Dan hal ini patsinya bisa memicu masalah yang cukup serius bagi calon ibu atau bahkan bayi yang ada didalam kandungan.

Di bawah ini ada beberapa cara tepat agar mudah melahirkan normal yang memang bisa di lakukan dengan mudah oleh Anda, yaitu sebagai berikut:

  1. Menjaga Kesehatan Calon Ibu dan Anak

Ketika Anda tengah menjalankan masa kehamilan Anda, penting untuk Anda ketahui bahwa kesehatan merupakan hal yang sangat penting yang harus Anda perhatikan dengan baik. Umumnya wanita hamil akan mengalami masalah kehamilan, seperti mual yang disertai dengan muntah, pusing serta perasaan lelah yang sering di rasakan.

Serbenarnya masalah tersebut sangat wajar dialami oleh para ibu hamil, apalagi di trimester pertama kehamilan. Akan tetapi, jika masalah seperti ini dirasa sangat mengganggu dan dirasa berlebihan, maka Anda bisa mengkonsultasikannya dengan dokter.

  1. Olahraga dan Terapi

Ketika hamil, agar Anda bisa melahirkan secara normal dan lancar, maka Anda dianjurkan untuk melakukan olahraga secara rutin. Mengapa demikian? Karena olahraga ringan yang dilakukan selama kehamilan dipercaya mampu melancarkan proses persalinan normal.

Namun sebelum Anda berolahraga, maka sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan. Anda bisa memilih olahraga ringan yang aman dilakukan oleh ibu hamil, seperti berjalan-jalan ringan sekitar komplek atau taman, serta berenang.

Jika memang di butuhkan, maka Anda juga bisa melakukan terapi pijat yang bertujuan agar nanti proses persalinan Anda bisa berjalan dengan normal dan lancar. Karena terapi pijat juga bisa memperlancar proses persalinan. Namun Anda tidak dianjurkan untuk melakukan terapi pijat secara sembarangan, dan sebaiknya Anda melakukan terapi pijat ini dengan pihak yang berpengalaman.

Jika terjadi kontraksi, maka sebaiknya Anda tetap dalam keadaan tenang. Dan usahakan posisi tubuh Anda ada dalam keadaan tegak guna mempercepat proses pembukaan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk tetap bisa menarik nafas sepanjang mungkin ketika Anda tengah mengalami kontraksi. Dan hal ini merupakan salah satu cara untuk meredakan rasa nyeri ketika proses persalinan. Dan ketika waktunya tiba untuk mengejan, maka Anda harus mendengarkan perintah dari bidan atau dokter yang menangani proses persalinan Anda.

 

Related Posts

Share This