Informasi Kesehatan: Fakta Mengerikan Bahaya Gula Untuk Kesehatan

Informasi Kesehatan. Gula memang salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi setiap hari, baik itu dalam minuman atau makanan manis lainnya. Begitu banyak jenis makanan yang lekat dengan gula sehingga tanpa disadari ada bahaya kesehatan yang sedang mengintai. Gula bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes, obesitas dan bahkan penyakit jantung.

Mengontrol asupan makanan yang mengandung gula merupakan salah satu hal penting untuk memperoleh tubuh yang sehat. Penyakit yang ditimbulkan oleh gula memang tidak secara langsung, melainkan kategori penyakit jangka panjang. Resiko penyakit tersebut memang sangat berbahaya dan mematikan. Terlebih lagi jika kondisinya sudah sangat parah. Penanganan penyakit tersebut juga membutuhkan waktu yang relatif lama.

Mencegah lebih baik daripada mengobati merupakan ungakapan yang sangat tepat dan sebaiknya Anda terapkan sejak saat ini. Disamping itu, terapkan pola hidup sehat untuk menghindari bahaya yang diakibatkan oleh gula yang Anda konsumsi.

Berikut Ini Bahaya Mengerikan Yang Diakibatkan Oleh Gula

  1. Menurunkan Sistem Imun

Salah satu bahaya gula yaitu bisa menurunkan sistem imun tubuh. Jika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar gula tinggi secara berlebihan maka dampaknya yaitu terjadi kenaikan berat badan tak terkontrol. Nah, hal inilah yang menyebabkan tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk menangkal radikal penyakit. Imunitas tubuh cenderung melemah dan tidak bisa melawan serangan infeksi yang berasal dari kuman ataupun bakteri.

  1. Resiko Penyakit Jantung

Mengkonsumsi makanan manis yang mengandung gula cukup tinggi bia menurunkan kolesterol dalam darah sehingga hal ini akan meningkatkan lemak yang memicu penyakit jantung.

  1. Diabetes Tipe 2

Asupan glukosa yang tidak terkontrol akan menyebabkan kerja hormone insulin sedikit terganggu. Maka dari itu sebaiknya Anda mengontrol asupan kadar glukosa sehingga tidak akan mengganggu keseimbangan insulin. Dengan begitu Anda akan terhindar dari resiko diabetes tipe 2.

  1. Membahayakan Organ Hati

Kandungan glukosa dan fruktosa yang berasal dari makanan bisa menyebabkan racun untuk organ hati. Jika kadarnya terlalu tinggi dan terus menerus maka hal ini mengakibatkan kinerja hati semakin berat sehingga secara perlahan terjadi kerusakan.

  1. Resiko Kanker

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa gula berlebih bisa menurunkan sitem pertahanan tubuh. Nah, jika hal ini terjadi maka resiko penyakit kanker mengintai kesehatan Anda. Sel-sel kanker lebih mudah menginfeksi tubuh. Maka dari itu mengontrol asupan makanan yang mengandung gula sangatlah penting untuk dilakukan saat ini juga.

Nah, demikian beberapa resiko yang mungkin membahayakan kesehatan Anda jika tidak mengontrol asupan gula untuk tubuh. Mulai saat ini bersikap bijaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Selain itu, lakukan olahraga secara rutin untuk meminimalisir resiko penyakit akibat gula.

Related Posts

Share This