Info Kesehatan: Waspada!! Kebiasaan Nonton TV Tingkatkan Resiko Kematian

Menonton TV tergolong salah satu aktivitas yang lumrah dilakukan oleh semua orang. Kebiasaan ini bisa saja membuat seseorang hingga lupa waktu sampai berjam-jam. Namun tahukah Anda jika kebiasaan nonton TV berjam-jam setiap hari bisa meningkatkan resiko kematian lebih cepat, mengapa demikian?

Dari hasil penelitian yang baru-baru ini dilakukan di negri Sakura Jepang menemukan bahwa kebiasaan menonton TV selama 5 jam atau lebih lama setiap hari bisa meningkatkan risiko kematian. Hal ini karena gumpalan darah pada paru-paru. Risiko tersebut akan meningkat 2 kali lipat dibandingkan dengan mereka yang menonton TV kurang dari 2,5 jam per hari.

Terjadinya penggumpalan darah pada paru-paru lebih dikenal dengan emboli paru. Pada waktu gumpalan darah tersebut menyumbat pembuluh darah kecil maka berakibat terhadap gagal jantung.

Jika kebiasaan menonton TV dengan waktu berjam-jam dilakukan setiap hari maka resiko penyakit jantung bisa menyerang kapan saja. Hal ini tentunya berbahaya bagi kelangsungan fungsi organ lain. Lebih parah lagi risiko yang ditimbulkan bisa berujung pada kematian.

Kebiasaan menyenangkan memang tidak pernah kita sadari bahaya yang ditimbulkannya. Biasanya hal tersebut justru menjadi silent killer yang membahayakan kesehatan. Mungkin hanya sebagian orang yang menyadari akan bahaya tersebut. Kebanyakan mengabaikan kesehatan dan terlena dengan tontonan yang disuguhkan oleh stasiun TV.

Tidak ada salahnya jika mulai saat ini kita lebih waspada dan membatasi kebiasaan berlama-lama di depan TV ataupun laptop. Alangkah lebih baiknya jika kebiasaan nonton TV diimbangi dengan penerapan pola hidup sehat seperti berolahraga.

Kegiatan berolahraga bisa menjaga kestabilan sirkulasi darah sehingga tidak terjadi dampak buruk pada kesehatan jantung. Disamping itu, imbangi dengan konsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Pola hidup sehat menjadi kunci sukses untuk hidup lebih lama.

Seorang ahli kesehatan dari Universitas Osaka menyarankan agar terhindar dari penggumpalan darah sebaiknya rutin melakukan peregangan, berjalan-jalan santai, bersepeda, berenang dan melakukan jenis olahraga lain.

Saran lain untuk mencegah bahaya penggumpalan darah yaitu dengan memperbanyak konsumsi air putih setiap harinya. Disarankan untuk mengkonsumsi air putih minimal 2 liter per hari. Kebiasaan sehat akan mampu meredam risiko gangguan kesehatan yang fatal akibat kebiasaan buruk sehari-hari.

Nah, mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dan hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru membahayakan kesehatan Anda dalam jangka panjang. Apa yang saat ini membuat Anda nyaman tidak akan selamanya baik untuk kesehatan jika ternyata hal tersebut tidak diimbangi dengan kebiasaan baik.

Demikian risiko yang perlu Anda ketahui seputar bahaya dari kebiasaan menonton TV terlalu lama setiap hari. Semoga info kesehatan ini bermanfaat dan menjadikan kita semua lebih waspada terhadap silent killer akibat kebiasaan sehari-hari.

Related Posts

Share This