Info Kesehatan Anak: Kenali Kelainan Khusus Pada Anak

Info kesehatan anak. Kelainan khusus memang berbeda dan bukan dikategorikan sebagai penyakit. Hal ini karena kelainan khusus tidak disebabkan oleh sumber penyakit yang berasal dari luar tubuh. Namun kelainan tersebut marupakan salah satu kondisi yang muncul akibat adanya ketidaksempurnaan atau ketidaknormalan pada beberapa bagian seperti darah, otot, kromosom, jantung dan organ lainnya.

Kelainan-kelainan tersebut biasanya berasal dari sejak lahir dan merupakan kelainan bawaan sejak dalam kandungan. Selain itu, kelainan khusus sering terjadi pada organ tubuh bagian dalam seperti paru-paru, ginjal atau jantung. Apa saja kelainan khusus yang bisa menyerang anak?

  1. Penyakit Jantung Bawaan

Salah satu kelainan khusus yang mungkin terjadi pada anak yaitu penyakit jantung bawaan. Biasanya penyakit jantung bawaan terjadi ketika si kecil dalam kandungan. Nah, kelainan ini dikategorikan beberapa jenis yaitu salah satunya kelainan pada struktur.

Kondisi penyakit jantung bawaan dikategorikan dalam 2 hal yaitu sianotik ditandai dengan munculnya warna kebiruan pada bagian ujung kuku dan bibir. Sedangkan asianotik merupakan kelainan jantung yang tidak disertai tanda kebiruan.

  1. Sindrom Down

Selanjutnya oyaitu Sindrom Down yang disebabkan oleh kondisi tertentu pada bagian kromosom. Anak yang mengidap kelainan ini memiliki jumlah kromosom ekstra pada pasangan ke-21. Penderita sindrom down akan mengalami kelebihan kromosom.

Nah, kelebihan tersebut akan memberikan dampak negatif terhadap tumbuh kembang anak sehingga anak akan mengalami mata mongoloid, telinga lebuih kecil, tuidak bisa berkonsentrasi dan masalah psikis lainnya.

  1. Epilepsi

Biasanya gangguan ini akibat adanya kelainan pada fungsi otak. Hal ini akibat terlepasnya muatan listrik yang terjadi secara berlebihan dan mendadak. Biasanya anak yang mengalami kelainan ini akan kejang-kejang secara mendadak.

  1. Thalassemia

Merupakan kelainan pada sel darah merah akibat dari kelainan genetic yang diturunkan dari orangtua. Orangtua yang memiliki riwayat penyakit ini kemungkinan akan diturunkan pada anaknya. Anak-anak yang memiliki kelainan ini cenderung memiliki sel darah merah yang rentan mengalamikerusakan.

Pada dasarnya gangguan tersebut akibat kelainan DNA atau istilah lainnya yaitu mutasi gen pada bagian yang bertanggung jawab untuk pembuatan sel darah merah. Kelainan ini seringkali mengancam jiwa anak-anak sehingga perlu penanganan yang serius.

  1. Autisme

Autisme bisa mulai dikenali sejak anak berusia 1-3 tahun. Anak-anak yang mengidap gangguan ini cenderung akan mengalami hambatan dalam proses interaksi sosial ataupun perilaku. Untuk mengatasi autism diperlukan terapi sehingga anak akan memiliki kemampuan untuk berinteraksi dengan masyarakan pada umumnya.

Nah, itulah beberapa kelainan khusus yang mungkin terjadi pada anak-anak. Kelainan khusus memang bukan merupakan penyakit, akan tetapi sebaiknya segera mendapatkan penanganan dengan tepat sehingga tidak menghambat tumbuh kembang si kecil.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517