Infeksi Virus Torch yang Terjadi Pada Ibu Hamil

Virus torch adalah sebuah akronim yang terjadi dari beberapa infeksi yang disebabkan oleh jenis penyakit bawaan yang pastinya akan sangat berbahaya untuk janin yang ada di dalam kandungan jika virus torch ini terjadi pada seorang ibu hamil. Dan sejumlah penyakit ini bisa dengan mudah menginfeksi janin yang ada di dalam kandungan. Dan biasanya, jenis-jenis penyakit yang tergolong dari virus torch ini terdiri atas virus serta beberapa jenis bakteri.

virus torch

Nah, bagi ibu hamil, sebaiknya Anda mengenal lebih dalam jenis penyakit torch ini. Agar Anda bisa mencari cara guna mencegah terjadinya penyakit torch pada ibu hamil, agar tidak berbahaya terhadap janin yang ada di dalam kandungan.

  1. Toxoplasma

Toxoplasma ini berasal dari parasite Toxoplasma Gondii. Jenis penyakit ini biasanya akan tertular dari kucing, anjing, burung serta berbagai jenis hewa peliharaan lainnya yang jelas memiliki bulu. Biasanya, gejala Toxoplasma hampir mirip dengan influenza, yaitu ibu hamil akan sangat terlihat kelelahan, demam bahkan tidak akan terlihat gejala-gejala yang serius. Oleh karena itu, sangat penting ibu hamil untuk melakukan tes labolatorium di awal atau bahkan di tengah masa kehamilan. Toxoplasma ini akan sangat berbahaya bagi janin yang ada di dalam kandungan, dikarenakan hal ini bisa menimbulkan cacat pada janin yang ada di dalam kandungan, bayi lahir dalam keadaan yang meinggal atau bahkan terjadinya keguguran. Sebaiknya, ketika halini terjadi, ibu hamil segara mencari cara untuk proses pengobatan torch.

  1. Rubella

Jenis penyakit ini biasanya berasal dari virus rubella, bahkan penyakit ini juga sama dengan toxoplasma, yaknipenyakit yang sangat berbahaya, bahkan virus ini bisa menyebabkan kematian pada janin, keguguran serta kelainan pada janin yang ada di dalam kandungan jika janin tersebut sudah lahir. Biasanya gejala yang akan terlihat dari ibu hamil yang mengalami penyakit ini yaitu munculnya ruaman pada kulit, demam hingga membesarnya kelenjar getah bening.

  1. Citomegalovirus

Ketika virus ini menyerang ibu hamil, maka akan sangat berbahaya pada janin yang ada di dalam kandunga, mengapa? Karena hal ini akan berakibat fatal ketika bayi sudah lahir, salah satunya yaitu pembesaran hati, penyakit kuning, ketulian dan lain sebagainya. Walaupun penyakit ini tidak selalu menular, akan tetapi alangkah baiknya jika Anda melakukan cek labolatorium di masa kehamilan.

  1. Herpes simpleks

Virus ini lebih berasal dari virus herpes simplek juga sejumlah tanda fisik lainnya yang memang terlihat dari seoarng bayi yang memang terlihat dari bayi yang baru di lahirkan oleh ibu yang memang terkena virus jenis ini, gejala yang ditimbulkan biasanya kulit bayi akan melepuh.

Infeksi virus torch yang terjadi pada ibu hamil juga bisa di cegah dengan cara menjaga pola hidup serta pola makan yang sehat, adanya pemeriksaan labolatorium karena hal itu merupakan salah satu cara yang sangat tepat guna mendiagnosa apakah ibu hamil terserang virus torch atau tidak.

Related Posts

Share This