Infeksi Impetigo Pada Bayi Bisa Disebabkan Oleh Luka

Apa itu impetigo pada bayi? Apakah sama dengan vertigo? Jelas jawabannya bukan. Karena nyatanya, impetigo pada bayi jelas tidak ada kaitannya dengan vertigo. Di beberapa Negara di Amerika juga Eropa, impetigo pada bayi seperti infeksi yang terjadi pada kulit yang kerap kali di alami oleh anak-anak, balita bahkan bayi.

Maka dari itu, impetigo ini merupakan salah stau jenis infeksi atau penyakit kulit pada anak yang sangat memungkinkan untuk menular. Bahkan ada sekitar 70% kasus impetigo yang terjadi di dua benua tersebut di alami oleh anak-anak yang masih berumur 2-4 tahun, namun walaupun seperti itu, ada juga orang dewasa yang terserang jenis penyakit ini.

Penting untuk bunda ketahui, karena umumnya infeksi ini terjadi pada kulit bayi atau balita yang terluka. Bahkan, luka kecil seperti bekas gigitan serangga atau bahkan karena tergores juga bisa menjadi salah satu penyebab infeksi impetigo, hal ini terjadi ketika bakteri streptococcus telah menginfeksi luka tersbeut. Dan ketika si kecil sudah terinfeksi, maka dibutuhkan pengobatan impetigo yang serius.

Biasanya, impetigo tidak akan terdeteksi sampai 4-10 hari setelah bakteri menginfeksi luka si kecil. Dan di masa ini, infeksi impetigo ini bisa saja sudah menyebar atau bahkan menular.

Infeksi impetigo pada bayi ini terdapat dua jenis, yakni infeksi yang terjadi melalui luka, gigitan serangga bahkan goresan yang memang umum terjadi pada bayi, balita hingga anak-anak. Sementara untuk infeksi jenis yang kedua yaitu infeksi yang di sebabkan oleh adanya infeksi kulit lainnya pada waktu sebelumnya.

Walaupun keadaan ruam impetigo bisa muncul di seluruh tubuh, namun ruam ini kerap kali akan muncul di sekitar mulut, hidung, lengan bagian atas, bahkan terjadi di bagian leher juga sekitar area popok jika terjadi pada bayi.

Umumnya, jenis ruam ini berbentuk benjolan yang hampir menyerupai benjolan yang terjadi pada cacar air, dan bisa menyebabkan rasa gatal. Dalam beberapa kasus yang terjadi, infeksi jenis ini juga bisa menyebabkan bengkak di sekitar luka yang disertai dengan demam.

Nah, dikarenakan infeksi impetigo sering menyerang bayi, balita bahkan anak-anak, maka dari itu Anda harus memberikan perhatian yang lebih kepada si kecil, apalagi ketika si kecil mengalami masalah pada kulitnya, dan pastikan ruam tidak tergaruk oleh si kecil, Karena jika ruam tersebut tersentuh tangan dan pecah, maka area ruam bisa saja melebar ke bagian tubuh yang lainnya.

Akan tetapi Anda tidak perlu merasa khawatir, karena umumnya infeksi jenis ini bukanlah infeksi yang bisa membahayakan kesehatan si kecil. Dengan bunda memberikan si kecil antibiotic yang sesuai dengan anjuran dokter serta sesuai dengan kondisi infeksi yang di alami si kecil, maka keadaan ruam impetigo akan hilang dalam jangka waktu beberapa hari saja.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517