Ikan Tuna Memiliki Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung banyak nutrisi. Ikan memiliki kandungan protein dan asam lemak esensial yang berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh. Kandungan lemak pada ikan sangat bervariasi tergantung habitat dan jenis ikan. Riset membuktikan bahwa ikan memiliki kandungan protein berkualitas tinggi yang tersusun dari asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang pertumbuhan.

Ikan termasuk salah satu sumber makanan yang mengandung protein tinggi  dan asam lemak omega-3 sehingga ikan sering disebut sebagai makanan untuk menunjang kecerdasan. Salah satu ikan yang banyak mengandung asam lemak omega-3 yaitu ikan tuna. Kandungan nutrisi pada ikan tuna seperti protein, omega-3, kalium dan vitamin B yang berguna untuk menunjang kesehatan tubuh.

Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

Asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan tuna berperan penting dalam mengoptimalkan fungsi jantung. Kandungan lemak omega-3 akan menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah sehingga mencegah terjadinya pembekuan darah dan menurunkan tekanan darah sehingga mencegah terjadinya resiko stroke dan serangan jantung.

Inilah Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

Menjaga kesehatan jantung

Manfaat ikan tuna yang pertama yaitu untuk menjaga kesehatan jantung. Ikan tuna memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berguna untuk menjaga kesehatan dan fungsi jantung. Omega-3 juga berperan dalam meningkatkan heart rate variability (HRV) sehingga mencegah irama jantung yang bersifat abnormal, meningkatkan konsentrasi HDL (kolesterol baik) dan mencegah pembekuan darah.

Membantu detoksifikasi

Ikan tuna mengandung omega-3 dan selenium yang merupakan komponen penting dalam menghasilkan antioksidan seperti gluthathione peroxidase. Fungsi dari antioksidan tersebut adalah untuk menunjang kesehatan hati dalam proses detoksifikasi.

Mencegah penyakit kanker

Kandungan asam lemak omega-3 pada ikan tuna berguna untuk menurunkan resiko penyakit leukemia dan kanker. Omega-3 berperan penting dalam mencegah kanker pada sistem pencernaan, kanker ovarium, kanker pankreas dan kanker payudara.

Meningkatkan fungsi otak

Omega-3 yang terdapat pada ikan tuna bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak dan kemampuan mengingat. Lemak omega-3 berperan penting dalam membantu memperlancar suplai darah menuju ke otak dan mencegah terjadinya imflamasi.

Menjaga sistem kekebalan tubuh

Ikan tuna mengandung selenium sebagai antioksidan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai macam infeksi virus yang menyebabkan penyakit.

Menjaga kesehatan mata

Pada dasarnya ikan memiliki kandungan lemak omega-3. Selain berfungsi untuk kesehatan otak, omega-3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah kelainan pada mata seperti penglihatan yang melemah.

Meningkatkan respon insulin

Ikan tuna sangat dianjurkan bagi penderita diabetes dan obesitas (kelebihan berat badan). Hal ini karena kandungan omega-3 pada ikan tuna memiliki kemampuan dalam meningkatkan metabolisme tubuh dan respon hormone insulin sehingga tidak akan terjadi penimbunan lemak di dalam tubuh. Selain itu, Hormone insulin akan membantu menjaga kestabilan gula darah sehingga ikan tuna sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Mencegah tekanan darah tinggi

Kandungan lemak omega-3 berperan penting dalam menjaga kestabilan tekanan darah. Mengkonsumsi ikan tuna secara teratur sangat berguna untuk mencegah penyakit hipertensi dan stroke.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517