Ikan Asin Untuk Ibu Hamil, Bahaya atau Tidak?

Pola makan pada waktu hamil harus benar-benar dijaga. Hal ini karena setiap makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan berpengaruh terhadap kesehatan dan perkembangan janin di dalam kandungan. Ikan untuk ibu hamil termasuk salah satu jenis makanan yang dianjurkan. Namun dalam hal ini ibu hamil harus lebih selektif untuk memilih jenis ikan yang aman dikonsumsi pada waktu hamil.

Tidak semua jenis ikan bisa dikonsumsi oleh ibu hamil. Ikan yang disarankan untuk ibu hamil harus terbebas dari merkuri. Contoh jenis ikan yang direkomendasikan bagi ibu hamil yaitu ikan tuna dan salmon. Namun disamping itu, banyak pertanyaan mengenai boleh atau tidaknya mengkonsumsi ikan asin untuk ibu hamil. Nah, maka dari itu pada kesempatan ini penulis akan mengulas dan berbagi informasi tentang pengaruh ikan asin bagi kehamilan.

Seperti halnya ikan pada umumnya, ikan asin tergolong jenis ikan yang memiliki kandungan gizi cukup tinggi. Ikan asin pada dasarnya tidak berbeda dengan jenis ikan pada umumnya, hanya saja kalau ikan asin merupakan ikan hasil olahan yang diawetkan supaya tahan lebih lama.

Ikan asin dikatakan bahaya bagi ibu hamil apabila dalam proses pengolahannya menggunakan bahan pengawet berbahaya seperti zat kimia. Namun jika diolah dnegan cara yang benar tanpa bahan pengawet, maka ikan asin tidak berbahaya bagi kehamila.

Manfaat ikan asin untuk ibu hamil tidak berbeda jauh dengan ikan pada umumnya yang tidak diawetkan. Hal ini tergantung jenis ikan apa yang diolah menjadi ikan asin. Namun pada dasarnya setiap jenis ikan pasti memiliki kandungan protein, vitamin, mineral, lemak dan beberapa nutrisi penting lainnya.

Nah, untuk mengkonsumsi ikan asin pada waktu hamil sebaiknya Anda memperhatikan beberapa aspek berikut ini:

  1. Selektif dalam memilih jenis ikan asin

Dalam mengkonsumsi ikan asin sebaiknya Anda lebih selektif dan memilih jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi pada waktu hamil. Ikan teri bisa menjadi salah satu pilihan Anda karena pada umumnya ikan teri hanya menggunakan sedikit pengawet bila dibandingkan dengan jenis ikan besar. Namun, alangkah lebih baiknya apabila Anda memilih ikan asin yang menggunakan pengawe alami tanpa bahan kimia.

  1. Jangan terlalu sering

Ibu hamil tidak dilarang untuk mengkonsumsi ikan asin. Akan tetapi sebaiknya Anda membatasi dan jangan terlalu sering. Hal ini karena dikhawatirkan akan berdampak buruk terhadap perkembangan janin akibat adanya bahan pengawet yang ikut termakan.

  1. Perhatikan kondisi kesehatan

Ibu hamil yang mempunyai riwayat tekanan darah tinggi sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi ikan asin karena sangat beresiko memicu penyakit tersebut sehingga bisa membahayakan kesehatan janin.

  1. Cuci ikan asin

Sebelum ikan asin diolah sebaiknya Anda mencuci bersih terlebih dahulu untuk meminimalisir bahan pengawet pada ikan tersebut.

Mengkonsumsi ikan asin pada waktu hamil tidak dilarang selama masih dalam batas wajar dan memilih jenis ikan yang bebas dari bahan pengawet berbahaya.

Related Posts

Share This

Turun 30 Kg Dalam 2 Bulan

Jus Pelangsing Alami, Dipake Oleh Banyak Artis Nasional. Kunjungi kami di Instagram: @bundakim7 PIN BB :D2335D03 SMS / WA: 0813 2154 8517